sebangsaSEBANGSA, platform media sosial Indonesia dengan Hari Komunitas Nasional meluncurkan gerakan Bangkit Komunitas 2016 dan Komunita.ID, di Jakarta. Gerakan Bangkit Komunitas 2016 ini terselenggara atas dukungan penuh dari Bukalapak serta turut didukung oleh Telkom Indonesia dan Astra Internasional.

Bangkit Komunitas 2016 merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengajak seluruh komunitas di Indonesia untuk bangkit, bersatu dan berbuat yang terbaik untuk NKRI. Pasalnya, sejak awal berdiri, ide negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan ribuan pulau- bermula dari berbagai komunitas dan ikatan sosial yang bersatu.

Selama ini komunitas juga dikenal sebagai ikatan sosial yang berfungsi untuk mendapat dan menyebarkan informasi, serta membangun kesatuan untuk mencapai tujuan bersama. Ikatan sosial antar individu dalam komunitas dan antar komunitas yang satu dengan yang lainnya yang hingga kini membentuk jati diri Indonesia.

Enda Nasution, Founder dan CEO Sebangsa menuturkan, “Pertumbuhan komunitas di Indonesia kini tidak bisa dipisahkan dari kehadiran teknologi digital, sejak media sosial dan teknologi gawai hadir di tahun 2009 maka sangat terasa pengaruhnya pada komunitas-komunitas di Indonesia. Dukungan terhadap kegiatan komunitas perlu didorong lagi dengan informasi yang cukup, inspirasi dari para tokohnya dan juga wadah dengan fitur-fitur yang mumpuni. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya gerakan Bangkit Komunitas 2016,” katanya  di Jakarta (18/2).

Di dalam gerakan Bangkit Komunitas 2016 terdapat 3 elemen pendukung, yaitu Kamar Penasihat Komunitas, Situs Online Komunitas (www.komunita.id), dan Sebangsa sendiri sebagai Media Sosial untuk membangun komunitas. Kamar Penasihat Komunitas sebagai sumber inspirasi dalam membangun dan
membesarkan komunitas, SEBANGSA sebagai sebagai wadah interaksi antarkomunitas, dan Komunita.ID sebagai pusat informasi komunitas.

Menurut  Indira B. Widjonarko, Chairwoman & Founder Sebangsa dan Komunita.ID, situs Komunita.ID menghadirkan informasi komunitas secara lengkap. Mulai dari direktori komunitas, liputan kegiatan, profil
komunitas, profil penggagas komunitas, hingga tips ala komunitas pun tersaji dengan lengkap.  “Situs ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi komunitas yang berguna terutama untuk mereka yang memiliki minat untuk berkomunitas,” imbuh Indira.

Rangkaian kegiatan Bangkit Komunitas 2016 sendiri akan berlangsung hingga Juni 2016 diisi dengan pembuatan modul-modul informatif tentang komunitas, workshop, kopdar-kopdar dan pelatihan komunitas di 4 kota, Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta. •M. TAUFIK