Home Ulasan Microsoft Lumia 950, Berkemampuan PC

Microsoft Lumia 950, Berkemampuan PC

88

Lumia_950LUMIA 950, smartphone pertama yang mengadopsi Windows 10 Mobile, menjadi ponsel flagship Microsoft. Didukung software Microsoft, Lumia 950 bukan hanya mendukung aplikasi Office, namun juga penyimpanan awan atau Cloud untuk menunjang produktivitas penggunanya.

Lumia 950 memiliki desain tak jauh berbeda dengan ponsel Lumia lain seperti Lumia 640, dengan material yang sama, yakni plastik solid, namun sedikit kesat, sehingga tak licin ketika digenggam. Lumia 950 ini juga cukup nyaman digenggam. Pasalnya, ukuran Lumia 950 tak begitu besar dan masih nyaman saat dimasukkan ke saku. Untuk memudahkan pengguna, Microsoft membuat Lumia 950 bukan dengan desain unibody, artinya pengguna bisa melepas bagian belakang ponsel, dan bisa mempermudah Anda mengganti baterai.

Lumia 950 dibekali dengan tiga tombol kapasitif di bagian depan, tombol volume, power, dan quick photo di bagian kanan. Masing-masing sudut Lumia 950 dibuat bulat.

Smartphone ini dibekali dengan layar 5,2 inci beresolusi 1.440 x 2.560 piksel, dan memiliki kerapatan piksel 564. Dengan spesifikasi itu, cukup untuk Lumia 950 menampilkan tampilan yang jernih. Lumia 950 juga mengusung teknologi layar AMOLED dan menampilkan warna TrueColor. Selain itu, layar Lumia 950 juga dipersenjatai dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3, sehingga layar ponsel ini tak mudah tergores.

Lumia 950 yang saudara dari Lumia 950  XL memiliki otak prosesor Qualcomm Snapdragon 808 dengan jumlah core sebanyak enam (hexa-core), yang memiliki kecepatan 1.800 MHz. Sementara untuk memori penyimpanan memori sementara (RAM), Lumia 950 memiliki RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, dan bisa ditambah menggunakan memori tambahan hingga 200 GB. Dengan jumlah memori itu membuat Lumia 950 bisa mengerjakan perintah dengan cepat dan melakukan multitasking dengan baik.

Bicara tentang kamera, Lumia 950 ini memiliki kamera yang tak boleh dianggap remeh. Ia memiliki kamera 20 megapiksel di bagian belakang, dan ditemani dengan flash three tone. Dengan adanya tiga tone flash di belakang ini memungkinkan pengguna mendapatkan gambar natural, meskipun menggunakan flash.

Ada satu fitur menarik di Lumia 950 yakni Continumm. Dengan Continumm ini memungkinkan Lumia 950 menjadi perangkat PC, hanya dengan bantuan dock display dan layar yang lebih besar seperti layar TV dan PC. Alhasil, PC atau TV itu akan berisi dokumen yang berada ponsel Anda.

Selain fitur continumm, Lumia 950 juga memiliki fitur quick charging, sehingga pengguna tak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya ponsel Lumia 950.