EPSON IC Handler-0101_smallEPSON, pemimpin pasar untuk IC Handlers, pada 26 April 2016 di Penang mengumumkan peluncuran generasi terbaru seri NS8000II dari alat pengujian IC di wilayah Asia Tenggara untuk pabrik dan penguji chip pada manufaktur dan industri semikonduktor.

IC (Integrated Circuit) merupakan komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan. Ribuan bahkan jutaan transistor, dioda, resistor, kapasitor yang diintegrasikan ke dalam sebuah kemasan kecil. Generasi terbaru IC handlers seri NS8000II dari memiliki kemampuan untuk memindahkan, menguji dan memilih hingga 13,500 chip per jam. Seri ini mampu menghasilkan konsistensi dan akurasi tingkat tinggi, dengan tekanan kontak standar untuk menguji kecepatan tinggi pada beberapa chip high-pin-count.

Mesin-mesin yang ada tersebut mampu untuk menguji chip-chip pada temperatur tinggi sampai setinggi 155°C. IC handlers digunakan secara luas untuk menguji beberapa chip pada komunikasi tanpa kabel seperti tablet PC dan smartphones, aplikasi yang menggunakan internet, sama halnya dengan aplikasi lain pada industri manukfaktur dan otomotif.

IDC memperkirakan pengeluaran diseluruh dunia pada perangkat dan layanan IoT meningkat dari $656 milyar di 2014 hingga $1.7 triliun pada tahun 20201 . Pertumbuhan ini diharapkan diperkuat dengan pertumbuhan pada perangkat, solusi konektivitas dan pelayanan IT. IC Handler Epson, dikembangkan dengan teknologi robot terdepan, dikenal sebagai handler tercepat dan paling akurat untuk industri untuk memindahkan, menguji dan memilih beberapa chip untuk otomatisasi pabrik. Epson akan menyediakan solusi one-stop IC Handler dan akan menjual secara langsung kepada pelanggan. Epson menampilkan IC Handler tersebut untuk pertama kalinya di Semicon Southeast Asia 2016, Penang dari tanggal 26 sampai 28 April 2016 yang lalu.

“Kami berkomitmen untuk mengembangkan bisnis IC Handler kami di Asia Tenggara dan menantikan perkembangan lebih jauh, dimana kami mengharapkan peningkatan untuk volume chip untuk perangkat terkoneksi dan solusi. Sebagai pemimpin untuk IC Handler di Asia Tenggara, Epson juga ahlinya pada teknik presisi dan robotik yang memungkinkan kami menyampaikan IC Handler dengan akurasi tinggi dan dapat diandalkan untuk dapat memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan membantu mereka mengurangi biaya pengujian, “ ungkap Ng Ngee Khiang, Regional General Manager, Epson Robotics Division.