MasterCard bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) menyelenggarakan lokakarya guna memberdayakan pelaku bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tentang keuntungan pembayaran elektronik.

“Program ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk memberikan edukasi secara berkelanjutan mengenai pembayaran elektronik serta manfaatnya dalam kegiatan bisnis yang dapat mempermudah tujuan bisnis dan finansial mereka,” kata Wakil Presiden Senior, Kebijakan Global dan Hubungan Masyarakat MasterCard USA, Ravi Aurora di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta Pusat pada hari Rabu, tanggal 1 Juni 2016 lalu.

Ravi mengatakan lokakarya ini dapat mendorong UMKM semakin berkembang melalui perkembangan inovasi pembayaran elektronik yang semakin beragam serta memaksimalkan transaski non tunai dan menciptakan budaya tanpa uang “cashless” di Indonesia.

Lokakarya bertajuk ”Master Your Card” ini merupakan program pemberdayaan komunitas dari MasterCard yang memperkenalkan inovasi teknologi pembayaran dan memberi pemahaman tentang keuntungan pembayaran elektronik dalam bisnis.

Mastercard menilai lokakarya ini akan membantu pertumbuhan ekonomi nasional karena berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pada periode yang sama, bisnis UMKM juga telah menyerap lebih banyak tenaga kerja di Indonesia hingga 97,22 persen.

Soegiharto Santoso selaku Ketum APKOMINDO menyampaikan bahwa; ” Workshop ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi baru bagi anggota APKOMINDO dan para mitra usahanya, sebagai contoh dalam hal pencegahan penipuan dan pencegahan chargeback, serta dalam hal perlindungan konsumen, selain dari itu dengan memahami sistim pembayaran elektronik, maka dapat menerapkan manajemen resiko yang lebih terukur dengan baik, sehingga anggota APKOMINDO akan dapat menumbuhkan usaha dengan daya saing yang semakin meningkat, terutama di tengah-tengah pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce akhir-akhir ini.”

Lebih lanjut disampaikan bahwa; “APKOMINDO akan memberikan dorongan semakin bertumbuhnya penggunaan sistim pembayaran elektronik untuk mendukung suksesnya e-commerce di Indonesia, melalui pengguliran kerjasama dengan berbagai pihak terkait, tentunya dengan senang dan bangga akan mencoba terus mengkaitkan kerjasama dengan pihak MasterCard, sambil mensinergiskan dan memberdayakan anggotanya yang berjumlah 2.000, yang terdistribusi di 25 DPD di seluruh Indonesia, kami optimis akan dapat mengembangkan hubungan yang baik dengan MasterCard dalam berbagai bentuk kerjasama lainnya di masa depan.” ujar Soegiharto yang sering disapa Kang Hoky.

Semua ini senada dengan program kerja APKOMINDO yang akan membantu 1000 Warung Digital, dimana salah satunya adalah kemudahan Warung Digital untuk menerima proses pembayaran secara digital. Tentu saja dalam program ini akan melibatkan pihak penyedia jasa keuangan, dimana di dalamnya juga ada MasterCard yang terlibat aktif mendukung program ini.

Acara tersebut dihadiri 130 orang peserta anggota dan pengurus APKOMINDO serta beberapa asosiasi mitra APKOMINDO dari Jakarta, Bogor dan Bandung. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Lim Wei Siong selaku Vice President, Public Policy, MasterCard Southeast Asia dan Tommy Singgih selaku VP Head of Businnes Developmet, MasterCard Indonesia.

”Master Your Card” pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat dan sejak saat itu telah bekerja sama dengan berbagai komunitas, asosiasi dan kelompok usaha kecil untuk memberikan edukasi serta solusi pembayaran elektronik. Di kawasan Asia, workshop ”Master Your Card” ini telah diselenggarakan di India, dan setelah di Indonesia akan segera dilaksanakan di Vietnam pada tanggal 2 – 3 Juni 2016. (FC, Hk)

Artikel Terkait:
skalanews.com:
MasterCard-APKOMINDO Berdayakan UMKM Lewat Pembayaran Elektronik

surabaya.tribunnews.com:
Dukung Pertumbuhan Sektor UMKM, Workshop Ini Paparkan Keuntungan Pembayaran Elektronik

newsroom.mastercard.com:
MasterCard Encourages the Growth of Indonesian SMEs through Master Your Card (MYC) Program

indopos.co.id:
Dukung Pertumbuhan UMKM Indonesia, MasterCard Selenggarakan Workshop Master Your Card

swa.co.id:
MasterCard Dorong Pertumbuhan UMKM Indonesia

suara.com:
MasterCard Selenggarakan Program Master Your Card

indotelko.com:
Program Master Your Card ingin dorong pertumbuhan UMKM

moneter.co.id:
MasterCard-Apkomindo Gelar Lokakarya

m.wartaekonomi.co.id:
MasterCard Edukasi Pelaku UMKM tentang Pentingnya Transaksi Elektronik

antaranews.com:
MasterCard dorong UMKM manfaatkan pembayaran elektronik

industri.bisnis.com:
UMKM Bisa Tertinggal Jika Tak Pakai Pembayaran Elektronik

 

loading...