K.Y. LEE: “BenQ Ingin Semua Berarti”

Ditulis pada 17 June 16

BenQ Corporation, sebuah penyedia solusi dan teknologi terkemuka yang didorong oleh visi perusahaan “Membawa Kualitas dan Kenikmatan dalam hidup”, telah menciptakan banyak produk untuk mengangkat dan memperkaya aspek kehidupan bagi banyak orang, gaya hidup, bisnis, kesehatan dan pendidikan.

BenQ Chairman and CEO K.Y.Lee speaks in Beijing, China January 17, 2006. Benq Corp., which took over Siemens AG's unprofitable cell-phone unit in September, predicted its mobile phone division will be profitable by the end of the year, helped by the introduction of as many as 30 new models, the head of the mobile phone unit said. Photographer: Doug Kanter/ Bloomberg News

BERANGKAT dari filosofi unik “Karena Semua Berarti”, BenQ berkomitmen untuk memberdayakan orang hari ini untuk hidup lebih baik, meningkatkan efisiensi, merasa lebih sehat dan meningkatkan pembelajaran melalui peningkatan kualitas manusia, produk berbasiskan inovasi, layanan dan solusi.

K.Y. Lee, Chairman BenQ, memiliki karakter kepemimpinan yang maju dan tekad, yang telah membawa BenQ Corporation, merek BenQ, dan BenQ Grup secara keseluruhan, berhasil melalui transisi pengembangan dan ekspansi yang menghasilkan transformasi visi perusahaan.  Kesuksesan Lee dalam memimpin BenQ telah diakui secara oleh para ahli industri dan dipuji oleh konsumen karena selama masa kepemimpinannya, telah membawa BenQ ke masa depan. Dan ia akan terus melakukannya.

“Semangat kami adalah keberadaan kami untuk meningkatkan pengalaman hidup dalam setiap aspek, menjadi dasar pengembangan produk kami, model bisnis, kemitraan dan budaya perusahaan. Hal ini juga yang mengilhami karyawan kami yang berdedikasi dan mengarahkan kami sebagai warga global, ujar Lee.

Karena semua berarti, BenQ akan terus memaksimalkan sumber daya yang substansial dan keahlian yang telah terbukti dalam desain produk, tampilan visual, mobile solution dan teknologi konvergensi jaringan dengan harapan untuk membuat dunia lebih baik, menawarkan berbagai produk, layanan dan solusi: proyektor digital, profesional monitor, format besar interaktif display, solusi imaging, perangkat komputasi mobile, dan solusi pencahayaan LED.

Memulai karirnya di Acer Group, Lee secara cepat menjabat beragam posisi di bidang manufaktur, pemasaran, penjualan dan perencanaan strategis, dan akhirnya menduduki posisi Wakil Presiden Acer.

Pada tahun 1991, Lee ditransfer sebagai Presiden ke Acer Peripherals, dan pada tahun 2000, Acer Peripherals menjadi Acer Komunikasi dan Multimedia (ACM), yang mencerminkan visi Lee tentang langkah strategis perusahaan dari perusahaan peripheral menjadi pembangkit tenaga listrik komunikasi, optik dan multimedia. Pada tahun 2001, ACM mengadopsi nama BenQ untuk lebih mencerminkan fokus pada ‘Menghadirkan Kesenangan dan Kualitas Hidup’ dan mengintegrasikan teknologi untuk gaya hidup digital yang modern. Pada tahun 2005, BenQ telah mengumpulkan wawasan industri untuk lebih memantapkan kekuatan 3C dan keahlian mereknya, guna meluncurkan merek BenQ ke pentas dunia.

Berikut petikan wawancara dengan K.Y. Lee.

Apa saja pencapaian yang telah diraih BenQ dalam masa kepemimpinan Anda?
Strategi bisnis integrasi vertikal BenQ telah menjadi faktor penting untuk pertumbuhan dan ekspansi yang cepat. Sepanjang masa kepemimpinan Lee, BenQ telah mengalami peningkatan Grup BenQ, sebagai pembangkit tenaga listrik senilai lebih dari US$ 20miliar, yang terdiri dari 15 + perusahaan independen yang beroperasi di lebih dari 30 negara di berbagai industri dengan jumlah tenaga kerja kolektif mencapai 100.000 karyawan lebih.

Setiap anggota Group adalah pemimpin yang diakui dalam bidang industri masing-masing, memberikan kontribusi untuk sumber daya BenQ Group yang besar, R & D, dan kekuatan strategis yang berbeda. Dengan memanfaatkan spesialisasi vertikal masing-masing perusahaan untuk menciptakan skala sebenarnya di pasar horisontal, BenQ Grup mengendalikan rantai nilai yang sangat efisien dengan kemampuan yang tak tertandingi untuk memberikan komponen kritis dan solusi kelas dunia dalam industri berikut: TFT-LCD, energi hijau, bahan kimia dan bahan canggih, pencahayaan, desain IC, komponen presisi, integrasi sistem, bisnis bermerek, dan layanan.

Bisa dijelaskan lingkup bisnis BenQ?

Perusahaan BenQ Group terdiri dari BenQ Corporation, AU Optronics Corporation (produsen top dunia dari panel LCD TFT berukuran besar), Qisda Corporation, Darfon Electronics Corporation, BenQ ESCO Corp, BenQ Bahan Corp, BenQ Guru Corp, BenQ Medis Pusat, BenQ Medis Teknologi Corp, BriView Co, Ltd, Daxin Bahan Corp, Darwin Precision, Ltd, Dazzo Technology Corp, Forhouse Corp, Lextar Electronics Corp dan Raydium Semiconductor Corp.

Sebetulnya apa hobi Anda, dan apakah hobi Anda juga mempengaruhi gaya kepemimpinan Anda?
Saya suka membaca dan sejarah. Saya juga menikmati berbagai kegiatan di luar ruangan termasuk hiking dan mendaki gunung. Cara saya memimpin adalah dengan memberikan contoh, termasuk ketika saya membuat rekomendasi untuk klub buku intern BenQ dan memimpin Olimpiade tahunan BenQ serta Yushan Gunung tahunan (3992 meter tingginya) naik eksekutif di Taiwan Selatan.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa selain mengejar keuntungan dan pertumbuhan, makna yang paling penting untuk pembentukan perusahaan apapun adalah untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya dengan menciptakan nilai unik, yang dapat bertahan untuk waktu yang lama, melampaui ruang dan waktu, dan menghasilkan pengaruh positif pada masyarakat dan orang-orang.

Apa prinsip yang Anda jalankan untukmembangun perusahaan?

Kami mematuhi tuntutan ketat dari kita sendiri untuk setiap link operasi kami, dari desain produk dan R & D, pemilihan supplier dan manajemen, bahan, manufaktur, layanan pelanggan, sehingga memenuhi standar kualitas dan manajemen internasional dan RoHS (RoHS ) dari Uni Eropa. Kami juga telah lulus ISO 9001 untuk sertifikasi manajemen mutu, ISO 14001 yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, dan SA8000 mengenai tanggung jawab sosial, yang bersaksi untuk dedikasi kami untuk tanggung jawab sosial perusahaan,” kata Lee.

BenQ TV LCD dan Monitor LCD telah memperoleh jejak karbon-sertifikasi PAS 2050 oleh British Standards Institution (BSI) dari Inggris, sebuah prestasi yang mengarah produsen Taiwan 3C lain dan menegaskan komitmen perusahaan untuk realisasi masyarakat rendah karbon . Juga, BenQ dianugerahi juara di industri A dan perdagangan kategori “Kota Taipei Golden Energy Conservation Award 2009” oleh Pemerintah Kota Taipei, pengakuan prestasi yang luar biasa perusahaan dalam mendorong konservasi energi dan pengurangan karbon selama dua tahun terakhir .

BENQ2

Apa mana karyawan bagi Anda?

Staf atau karyawan adalah aset yang paling berharga BenQ. Oleh karena itu, disamping penyediaan lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk staf kami, yang dibuktikan lewat 18001 OHSAS mengenai keselamatan kerja dan manajemen higienis, kami juga peduli kesehatan fisik dan mental mereka, yang memenangkan kami penegasan Kota Taipei penghargaan yang sangat baik untuk mempromosikan lingkungan kerja yang sehat pada tahun 2005 dan Taipei Kota piloting penghargaan untuk mempromosikan lingkungan kerja yang sehat pada tahun 2007. kami telah membantu staf kami dalam mencapai pertumbuhan keahlian dan semangat melalui organisasi berbagai kuliah, kursus, dan acara.

Apa harapan Anda kedepan?

Sebagai perusahaan merek internasional, BenQ memiliki bakat yang sangat baik dengan kebangsaan dan budaya yang berbeda. Komunikasi lintas-budaya dan pertukaran telah memperluas visi kami dan meningkatkan pemahaman kita tentang dunia.

Kami berharap bahwa setiap staf dapat menemukan tahap dalam perusahaan untuk demonstrasi bakat mereka dan memainkan peran seorang pengkhotbah dalam menyebarkan nilai teguh integritas, sehingga menyuntikkan kekuatan positif dan ke atas ke dalam masyarakat.  BenQ adalah merek dari kedua teknologi dan kemanusiaan. Seiring dengan upaya kami untuk selalu mengikuti pulsa kali dan mengejar inovasi teknologi, kami juga percaya bahwa pembangunan berkelanjutan hidup berakar pada tanah, alam, manusia, dan emosi. Melalui produk dan layanan dari BenQ, serta komitmen pribadi pegawai BenQ, kami akan meninggalkan keturunan kita warisan lingkungan yang baik dan kehidupan yang menyenangkan. •SATRIA GUNAYOMAN