Jakarta, BISKOM – Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO)  dan Java Enterprise University (JERU) serta CP PLUS mendukung Jakarta Smart City (JSC) untuk ciptakan Smart Citizen bagi warga kota Jakarta, berawal dengan menjalin kerjasama mengisi area yang disediakan Pemprov DKI dalam Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016, kedepannya kerjasama ini diharapkan akan dapat terus berlanjut dengan baik untuk ciptakan Smart Citizen.

Seperti saat peresmian pembukaan PRJ 2016 oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),  serta di hadiri oleh jajaran Komisaris dan Direksi JIExpo, antara lain Murdaya Poo, Sri Hartati Murdaya, Prasna Murdaya dan Ralph Scheunemann.

Gubernur DKI Jakarta, Ahok mengatakan, “Tahun 2016 merupakan tahun hoki bagi DKI Jakarta. Dengan digelarnya Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang ke-49 ini sekaligus HUT Jakarta ke-489 bisa saya bilang ini adalah tahun yang hoki buat Jakarta, Saya berharap, transaksi nontunai dapat dipopulerkan dalam ajang tahunan akbar ini. Selain itu saya menargetkan PRJ dan Jiexpo dapat menjadi pameran, tempat pertemuan, dan pagelaran terbesar di Indonesia, serta saya berharap pada PRJ ke-53 sudah ada LRT yang dibangun dari Bandara ke Kemayoran. Selain itu di stand Provinsi DKI Jakarta, kami tampilkan stan Jakarta Smart City dan terdapat Smart home, tentunya kami ingin masyarakat melihat dan memanfaatkan IT dalam berbagai hal, pokoknya gunakan IT deh.” ujar Ahok.

Hal ini tentu sangat sejalan dengan program APKOMINDO yang memang terus mendukung  transaksi nontunai dan pemanfaatan IT diberbagai bidang kehidupan, khususnya untuk mendukung program Jakarta Smart City.

Jakarta Fair 2016 kali ini bertemakan Semangat Membangun Negeri dan diselenggarakan pada 10 Juni-17 Juli 2016. Ditargetkan, ada 5,2 juta pengunjung yang akan menghadiri Jakarta Fair dan transaksi bisnis ditargetkan melampaui Rp 5,8 Triliun.

Setiaji, Kepala Unit Pelaksana Tugas Jakarta Smart City, saat dijumpai di area stan Jakarta Smart City PRJ, mengatakan; “Kami menyambut gembira kerjasama dengan pihak APKOMINDO, JERU  dan CP PLUS, tentunya kami akan memberi kesempatan untuk berbagai hal berkaitan dengan dunia TIK dengan pihak APKOMINDO, JERU dan CP PLUS berkaitan dengan Jakarta Smart City, bagi saya untuk DKI Jakarta sendiri, inisiatif Smart City mengambil langkah awal di sisi transparansi, kami ingin meningkatkan transparansi mengenai informasi publik dan layanan publik, untuk mencapai semua itu dengan cara pemanfaatan TIK” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan eksibisi terbesar ini adalah produk CP PLUS dengan aneka produk Smart Security seperti : CCTV (Surveillance System), Smart Home Automation, Video Door Phone, Smart-Digital Door Lock, dan Mobile DVR (Vehicle Surveillance), dimana CP PLUS saat ini juga berperan sebagai Official Surveillance Partner dalam event Jakarta Smart City ini.

CP PLUS menempatkan beberapa unit Smart IP Camera pada area seluas 2000 meter persegi ini, selain untuk mengamankan area event, CP PLUS juga menampilkan beberapa keunggulan fitur Video Analitis yang dimiliki oleh CP PLUS dalam mendukung project Safe City project, dan telah dipaparkan secara detil pada acara talk show bersama CP PLUS di event Jakarta Smart City pada hari Minggu, 26 Juni 2016 yang lalu, oleh Antony Fredrick Felix, Key Account Manager CP PLUS Global dan Kurniadi Seta Sanjaya Country Manager CP PLUS Indonesia serta dihadiri oleh Soegiharto Santoso selaku Ketum DPP APKOMINDO.

Kurniadi Seta Sanjaya, mengatakan; “CP PLUS yang telah hadir di Indonesia berharap bukan hanya untuk meramaikan pasar produk security system di Indonesia, perusahaan asal Jerman yang mempunyai kantor operasional terbesar di India ini menargetkan untuk bisa menjadi pemimpin pasar dalam kurun waktu yang singkat kedepannya di Indonesia. Dengan standar kualitas produk yang tinggi dan teknologi yang mutakhir, CP PLUS juga menjanjikan harga yang sangat kompetitif dengan teknologi terbaik. Dengan dukungan pra dan purna jual yang professional dari team lokal yang ada, seperti service center, dan menyusul segera hadir nomor Call center untuk seluruh pelanggan dan dealer CP PLUS di Indonesia. Saya juga mengharapkan publik akan mengerti perkembangan teknologi dari infrastruktur keamanan kota dan pentingnya untuk mendukung bersama implementasi yang baik dari system ini, untuk menuju Jakarta maupun Indonesia yang lebih baik dan aman serta damai.” ungkap Kurniadi.

Soegiharto Santoso, menyampaikan bahwa; “Kami bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pihak Jakarta Smart City khususnya kepada Pak Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta dan Pak Setiaji selaku Kepala Unit Pelaksana Tugas Jakarta Smart City, sehingga terjalin kerjasama di Pameran PRJ 2016 ini, tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi APKOMINDO untuk turut berperan dan melakukan kolaborasi dengan pihak Jakarta Smart City tidak hanya di ajang pameran PRJ, melainkan berlanjut terus kedepannya.” ujar Soegiharto yang sering di sapa dengan Kang Hoky.

Sebelumnya APKOMINDO juga telah berupaya memberikan kontribusi kepada pemerintah dengan membantu mewujudkan rencana pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Komkominfo) yang telah meluncurkan program menciptakan 1000 teknopreneur atau wirausaha yang berbasis teknologi, hingga tahun 2020 nanti. Sehingga APKOMINDO menggulirkan program Rumah Tugas Akhir (RumahTA), mitra yang menyambut baik kerjasama ini diantaranya adalah Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia.

Selain dari itu APKOMINDO juga menggulirkan program Digitalisasi Usaha Mikro (Digi-UM), Solusi APKOMINDO untuk INDONESIA yang akan didukung oleh pihak perbankan, serta rencana program terkait dengan target 1 juta Warung Digital yang rencananya akan berjalan dengan cara bermitra dengan Bank Mandiri.

Di Pameran PRJ, APKOMINDO bersama JERU juga mengadakan workshop untuk membangun aplikasi berbasis ANDROID, iOS dan DRONE dengan menggandeng 4DRONE oleh Dony Riyanto yang termasuk Team JERU dan juga sebagai Founder dari 4drone.asia yang memanfaatkan data akses dari Jakarta Smart City. Semua ini mendukung pengembangan industri Indonesia terkait dengan IoT.

Yang tidak kalah menarik adalah, JERU banyak membantu program Society Empowerment di bidang Teknologi Informasi. Berbagai modul pelatihan IT Enterprise yang diberikan JERU terbukti dapat mengangkat berbagai golongan masyarakat untuk menjadi  IT Developer yang memimpin di dunia kerja professional IT.

JERU telah melakukan suatu terobosan dengan mengubah banyak Office Boy, Cleaning Service dan Grassroots lainnya menjadi IT Developer yang sukses, bahkan bagi golongan masyarakat ini JERU memberikan pendidikan yang sepenuhnya bebas biaya alias gratis.

Saat ini JERU dipercaya oleh Kementrian Kominfo melalui MoU dengan PT. Huawei Tech Investment untuk melaksanakan pendidikan Teknologi Informasi bagi 1000 calon Technopreneur di Indonesia. Selain dari itu JERU turut bekerjasama dengan Pemprov DKI dibawah management Jakarta Smart City untuk menciptakan Smart Citizen dengan membuat pelatihan IT bagi semua golongan secara bebas biaya. JERU bersama APKOMINDO juga turut membuat channel University Hub dengan bekerjasama dengan berbagai Universitas seperti pada Universitas Indonesia dan Universitas MercuBuana.

Johanes Toto, selaku Founder JERU dan pengurus DPP APKOMINDO menyampaikan bahwa: “Dengan menjadi pengurus asosiasi besar seperti APKOMINDO dan menjalian kerjasama dengan pihak Jakarta Smart City, kami mempunyai Visi di masa depan nanti JERU yakin akan menjadi the real University yang mempunyai kekuatan lebih besar untuk menumbuhkan Industri Digital dan Industri Kreatif serta membuat Indonesia lebih tangguh dengan banyaknya menciptakan IT Expert yang bersaing di kelas dunia, dan Jakarta dapat menjadi Silicon Valley yang baru. Kami akan berusaha menggerakkan para Investor dan Pemerintah untuk mendukung Visi ini.” ungkapnya.

Diharapkan dengan kerjasama APKOMINDO, JERU dan Jakarta Smart City ini, rangkaian program edukasi, workshop serta produk-produk unggulan anggota APKOMINDO akan dapat dinikmati oleh masyarakat, dan membantu mereka menjadi ‘Smart Citizen’, karena JAKARTA akan menjadi barometer utama implementasi SMART CITY tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia.

Untuk kegiatan menciptakan Smart Citizen, maka di pameran ini APKOMINO dan JERU serta didukungan Kompas Gramedia sebagai media partner nya menyelenggarakan Workshop dengan jadwal sebagai berikut:

1. Sabtu, 11 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00:  Workshop Develop Android Apps Connect To Jakarta Smart City API, presented by JERU APKOMINDO

2. Sabtu, 18 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00: Workshop Develop iOS Apps Connect To Jakarta Smart City API, presented by JERU APKOMINDO

3. Sabtu, 25 Juni 2016, Pk 10.00 – 12.00: Workshop Building Smart Drone connect to Geo Location, presented by JERU APKOMINDO

4. Sabtu, 16 Juli 2016, PK 10.00 – 12.00: Workshop Develop Jakarta Smart Citizen, Elevate Office Boy, Cleaning Service and Grassroots become IT Expert. Present Web Development based on Java Platform by Grassroots. Presented by JERU APKOMINDO, termasuk pemaparan sekilas tentang program Rumah TA dan program Digi-UM oleh APKOMINDO.

Untuk dapat melihat lebih lanjut program APKOMINDO dapat melalui www.apkomindo.or.id dan JERU melalui www.jeru.web.id

Artikel Terkait:
Tak Terduga, Jokowi Hadiri Buka Puasa Bersama di Kediaman OSO

RAPIMNAS APKOMINDO 2016 berlangsung sukses dan dihadiri oleh Ketum KADIN Indonesia

APKOMINDO Turut Mendukung Program Pengampunan Pajak

APKOMINDO dan JERU serta CP PLUS dukung JSC untuk ciptakan Smart Citizen

Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Padati Konser Salam Dua Jari

Pegiat Internet Indonesia #AkhirnyaMilihJokowi

loading...