SONY DSC

MASIH ingat ITCamp? IT Camp merupakan kegiatan belajar mengajar teknologi informasi (TI) yang dilakukan dengan konsep berkemah yang pada tahun ini telah memasuki penyelenggaaan ke 6 kalinya.

Sempat vakum 2 tahun belakangan, ITCamp yang diadakan sejak 2009 tahun dan digelar oleh Yayasan Onno Center ini akan kembali dipersembahkan bagi para penggiat dan pemerhati TI, mahasiswa, masyarakat umum hingga para profesional dan pebisnis TI pada 1-2 Oktober 2016 mendatang di Bumi Perkemahan (BUPERTA) Cibubur Jakarta Timur.

Nurlina Purbo, Ketua Panitia ITCamp 2016 mengatakan, “ITCamp mengusung konsep di luar kebiasaan, dimana kegiatan TI biasanya dilakukan di dalam ruang seminar atau ruang kelas, maka ITCamp diadakan di ruang terbuka. Tujuannya adalah agar peserta merasa santai, mengingat selama ini TI identik dengan pelajaran teknis yang rumit dan menjadi ‘ranah’ kaum laki-laki.”

Dengan konsep seperti ini, lanjut Nurlina, pembelajaran TI akan dilakukan secara fun dan kental dengan nuansa kebersamaan karena peserta secara terbuka dapat melakukan interaksi, sharing dan tanya jawab dengan peserta lainnya ataupun dengan nara sumber yang berkompeten.

ITCamp 2016 mengusung tema “Internet of Things (IoT) is Your Smart Future”. IoT sendiri adalah sebuah konsep dimana dengan konektivitas internet,  semua menjadi saling terhubung secara terus menerus, dari berbagi data, remote control, baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya tersambung secara lokal maupun global melalui sensor ysng selalu aktif. IoT adalah konsep masa depan bagi masyarakat yang cerdas.

ITCamp 2016 mempersiapkan para pembicara yang ahli di bidangnya, diantaranya Onno W Purbo (Pakar TI / Pembina Yayasan Onno Center) yang membawa materi “Programming Arduino Untuk IoT”, Teddy Mantoro (Universitas Sampoerna) yang membawa materi “IOT dan Implementasinya”, Marcelus Ardiwinata (CBN) materi” IOT dan Peluang Bisnisnya”, Johar Alam Rangkuti (IDC Indonesia) materi “Internet Exchange Indonesia”, dan Adiatmo (Robotic) materi “Smart Home” serta pembicara lain yang akan melakukan sharing “Success Story Pemasangan Jaringan Internet di pegunungan”.

Sejak penyelenggaraan pertama kali, ITCamp selalu dinanti.  Tak kurang dari 200 orang telah menjadi peserta ITCamp. Di tahun 2016, ITCamp menargetkan  250 orang peserta. Karena tidak didapatkan di tempat lain, ITCamp ini sudah diadopsi di Aceh tahun 2015 dan di Pemalang bulan Juni 2016.

Saat ini, ITCamp 2106 masih membuka pendaftaran peserta ataupun pihak lain yang berkeinginan untuk berkontribusi terhadap acara ini. Adapun biaya ITCamp sebesar Rp. 200.000/orang untuk Mahasiswa dan 350.000/orang untuk peserta umum. Pendaftaran akan ditutup pada 25 September 2016.

Jadi jangan lewatkan kesempatan ini. Informasi dan pendaftaran bisa melalui web onnocenter.or.id/ITCAMP.