Malaysia Airlines Gunakan Teknologi Amadeus Untuk Layanan ‘Traveller First’

Ditulis pada 02 November 16

malaysiaDALAM dunia yang kompetitif di mana wisatawan dimanjakan dengan beragam pilihan, maskapai penerbangan harus berubah dari hanya sekadar menjual kursi semata menjadi perusahaan yang memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggannya, yang dimulai sejak tiket dipesan. Malaysia Airlines telah memilih untuk menggunakan teknologi Amadeus yang dirancang untuk tujuan tersebut, sebagai bagian dari kerjasama teknologi yang penting antara kedua belah pihak yang akan berfokus pada tiga area strategis – mentransformasikan operasional layanan penumpang maskapai, menciptakan sumber pemasukan baru, dan meningkatkan pengalaman pembelian tiket secara online untuk para wisatawan.

Wisatawan saat ini ingin mengubah cara mereka melakukan perjalanan sesuai dengan preferensi, dengan memilih layanan personal baik a la carte maupun paket wisata yang menawarkan nilai tambah. Mereka juga ingin mendapat penawaran yang disesuaikan dengan preferensi mereka. Melalui inovasi teknologi merchandising dari Amadeus, Malaysia Airlines kini dapat memenuhi layanan ini kepada semua wisatawannya yang ada di berbagai saluran distiribusi yang tersedia. Selain itu, solusi pemesanan baru dari Amadeus melalui mobile dan saluran pemesanan online lainnya akan lebih meningkatkan pengalaman pembelian untuk pelanggan Malaysia Airlines. Untuk wisatawan, ini berarti pengalaman belanja yang lebih personal dan lebih mudah; dan untuk maskapai penerbangan, ini berarti peluang adanya pemasukan baru.

“Kami ingin betul-betul memudahkan para pelanggan untuk mendapatkan tarif terbaik dari Malaysia Airlines di seluruh dunia. Amadeus merupakan sebuah sistem canggih yang dapat menawarkan kemudahan dan memberikan kecepatan, serta memungkinkan pelanggan kami untuk mendapat penerbangan terbaik tanpa kesulitan apapun. Amadeus menawarkan kemudahan pemesanan melalui web dan juga melalui aplikasi mobile yang unik dan dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing individu sehingga memberi penumpang pengalaman pelayanan yang cepat, dimulai dari pemesanan tiket hingga pembelian tambahan kapasitas bagasi di muka, makanan, dan mengelola poin loyalitas, semuanya hanya dengan menekan satu tombol,” jelas Peter Bellew, Chief Executive Officer and Group Managing Director, Malaysia Airlines Berhad.

Berdasarkan kerjasama ini, Malaysia Airlines juga akan menggunakan sistem Amadeus Altéa Passenger Service System (PSS) untuk mengelola dan mengembangkan seluruh proses layanan inti penumpang termasuk: sistem pemesanan, sistem persediaan dan kontrol keberangkatan. Altéa merupakan platform IT yang sudah umum digunakan oleh aliansi maskapai penerbangan di seluruh dunia, termasuk 64% dari anggota maskapai Oneworld. Dengan Altéa, Malaysia Airlines akan mendapatkan keuntungan dari integrasi yang lebih mudah dengan mitranya. Ketersediaan, tarif, pelanggan dan informasi pemesanan akan dapat dibagikan secara real-time dengan mitra Oneworld lainnya, yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan pendapatan yang lebih besar serta pengalaman pelanggan yang lebih baik di seluruh anggota aliansi maskapai.

Peter Bellew  menambahkan, “Teknologi akan memainkan peran penting dalam transformasi Malaysia Airlines dan saya yakin bahwa Amadeus dengan teknologinya akan memudahkan operasional kami serta memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Memiliki sistem teknologi yang canggih dan gesit akan sangat membantu kami untuk kelanjutan perbaikan dan kesuksesan di masa mendatang.”

Hazem Hussein, Executive Vice President, Airline Group, Amadeus Asia Pacific, Turkey & Eastern Europe mengungkapkan, “Kami sangat bangga menerima Malaysia Airlines menjadi bagian dari komunitas Amadeus Altéa yang terus berkembang, dan dapat berkontribusi dalam proses transformasi mereka. Kami memiliki visi yang sama – mengedepankan pelanggan – dan kami percaya teknologi kami dapat membantu Malaysia Airlines berada di garis terdepan, mengembangkan bisnisnya, dan meningkatkan daya saing di salah satu daerah yang paling dinamis di dunia.”

Agen perjalanan yang menggunakan teknologi Amadeus juga akan mendapatkan keuntungan dari kerjasama ini. Saat agen perjalanan Amadeus melakukan pemesanan untuk maskapai yang menggunakan Altéa, maka kedua belah pihak akan menggunakan kode pemesanan tunggal yang sama baik bagi agen perjalanan maupun maskapai penerbangannya sehingga datanya akan otomatis sama. Agen perjalanan yang menggunakan Amadeus dapat dengan segera mengetahui perubahan yang dilakukan oleh maskapai terhadap data pemesanan (PNR) tersebut dan sebaliknya, mengurangi resiko kesalahan dan memungkinkan agen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan mereka.

Amadeus dan Malaysia Airlines akan memulai proses migrasi sistem PSS Amadeus Altea Suite yang akan diimplementasikan secara penuh pada tahun 2017.