Mengapa sebaiknya bis-bis kita dilengkapi CCTV

Ditulis pada 05 April 17

Siapa yang tidak kenal dengan CCTV saat ini ? Hampir di semua perkantoran, toko hingga sekolah bahkan rumah menggunakan CCTV untuk memonitor keamanan. Tapi yang saya jumpai di Taiwan ini berbeda. CCTV bahkan dipasang dalam bis-bis mereka.

Mnyaengapa ? Dengan adanya CCTV dalam bis mereka, maka dapat dengan mudah, sang supir memonitor keadaan di sekitar kendaraan mereka. Kalau kita lihat di gambar, mulai dari kondisi di depan supir , belakang bis, samping, dan dalam bis semuanya dimonitor dengan baik.

Kamera CCTV di depan supir memudahkan supir melihat obyek yang mungkin tidak tampak karena tingginya bis. Seringkali ada orang melintas di depan bis tapi tidak diketahui oleh supir. Demikian juga dengan belakang bis. Semua ini akan memudahkan pihak keamanan untuk menganalisa data rekaman yang ada sehingga apabila ada pelanggaran terkait bis ini, maka data rekaman ini bisa digunakan.

Demikian juga dengan kondisi di dalam bis kota. Semua bisa direkam dengan baik, dan semuanya terhubung ke perangkat perekam (DVR) yang dipasang di dalam bis. Untuk keamanan, maka DVR tidak dengan mudah diakses orang sembarangan, dan hanya pengelola bis yang bisa mengakses fisik dan data rekaman.

Semua ini diperlukan untuk menjaga keamanan bersama, baik supir, dan pengguna jasa angkutan yang naik ke bis ini.

Nah semua ini bisa dipasang juga sebenarnya di Indonesia, cuma saya lihat masih dalam batasan terbatas. Kebanyakan bis layanan premium. Selama belum ada aturan yang mengharuskan ini ada, maka tentu tidak akan dipasang di bis-bis kita.

Semua fasilitas dan teknologi ini bisa dijumpai di anggota Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) yang tersebar di banyak daerah. Kami siap membantu implementasi dan keamanan CCTV , mulai dari di rumah, perkantoran, bahkan hingga bis seperti ini. Semua ini akan semakin membuat kota kita semakin aman dan nyaman.

Tags: ,