Chromebook cocok untuk wartawan

Ditulis pada 31 May 17

Apa yang paling diperlukan wartawan sekarang ini ? Smartphone ..

Itu jawaban singkat abang saya, sang wartawan senior. Tapi kemudian, saya tanya lagi, bagaimana mengetik semua bahan laporan apabila menggunakan smartphone.

Wah, saya dengarkan lagi rekamannya, atau sy tulis manual. Demikian ujarnya.

Saya bilang, kalau gitu, untuk apa smartphone, cukup recorder.

Nah, ada yang beda, pada saat kami mengadakan beberapa event, dan ikut dalam event yang mengundang para blogger, yang sebagian juga berprofesi sebagai wartawan. Mereka membawa laptop. Mereka secara langsung mengetikkan laporannya di laptop, tanpa ada kendala, semua materi bisa diketik, dan kemudian mereka kirim atau upload dengan cepat.

Sekarang ini, dengan Chromebook, bisa lebih cepat lagi. Hidup kita yang stay connected ke Internet, tinggal mengaktifkan thethering, semua device kita langsung terkoneksi ke Internet. Jadi semua ini akan memudahkan wartawan merekam berita, membuat laporan, bahkan memfotonya.

Yang menarik lagi, karena Chromebook menggunakan aplikasi yang bisa digunakan di android, dan menggunakan kemampuan akses ke Google Drive. Semua foto bisa disimpan dalam Google Photos (artinya masuk ke Google Drive), dan bisa diakses dari Google Drive yang ada di laptop.

Semua tanpa kendala, tinggal memastikan selalu terkoneksi ke Internet. Dan harga bandwidth dan paket data khan semakin menurun sekarang ini. Saya saja bergerak mobile hanya dengan smartphone Android Smartfren dan selalu mendapatkan sinyal dimana-mana, serta mengupdate berita dan gambar dengan cepat.

Tunggu apa lagi , anda wartawan , ayo beralih ke Chromebook ya. Biaya tidak masalah, hanya 4jt-an. Kemudian tanpa license operating system, tanpa license office (bisa pasang WPOffice android, atau pakai Google Docs), daya tahan baterai 9 jam, tanpa license antivirus (virus free dijamin Gmail). Ayo segera.

Tags: , , ,