2017, GameStart Kembali Dengan eSports dan Tabletop Gaming

Ditulis pada 01 September 17

GAME Start2017, Konvensi Akbar Game Asia Tenggara, kembali untuk keempat kalinya pada tanggal 14 & 15 Oktober 2017 dengan tema Cyberpunk dan konten-konten yang lebih ramah konsumen dan berfokus pada industri. Panitia penyelenggara, yaitu Eliphant bermitra dengan International Mobile Gaming Awards (IMGA) untuk acara kedua penghargaan SEA Awards. Eliphant juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan konferensi bisnis pertama pada tanggal 12 dan 13 Oktober. Banyak para gamer dan pelaku industri yang telah lama menanti-nantikan acara tahunan ini dan juga konten-konten baru yang menarik, seperti blockbuster game yang akan datang, esports, indie games, retro gaming, dan cosplay.

Yang baru dalam acara ini termasuk kawasan GameStart Tabletop yang cukup luas bagi siapapun untuk bermain, mencoba dan menyelesaikan berbagai game ala arcade. Adapun peserta pameran utama adalah Wizards of the Coast, yang akan tampil dengan game terkenal Magic: The Gathering, untuk pertama kalinya dan Grey Ogre Games, dengan tips serta informasi yang akan diberitahukan sebagaimana hari H semakin dekat.

Tahun ini, konvensi paling terkenal di kawasan ini, akan bekerja sama dengan GameStart, untuk menampilkan berbagai konten pilihan dari seluruh Asia. Selain kemitraan dengan Taipei Game Show (Taiwan) dan BEKRAF Game Prime (Indonesia), C3 AFA (C3 Anime Festival Asia) — wadah terbesar acara budaya Jepang di Asia Tenggara — hadir sebagai mitra pemasaran dan konten, yang diharapkan akan menampilkan berbagai konten khas Jepang yang banyak diminati. Para pengunjung juga akan dapat menikmati konten game Indie dari Taiwan dan Indonesia.

Seni-seni Popular Lainnya dan AR bagi para pengunjung

Kembali hadir dalam acara GameStart 2017 oleh karena banyaknya permintaan adalah Doujin Market, komunitas pameran seni budaya dan ilustrasi anak muda terbesar di Singapura. Bekerja sama dengan Neo Tokyo Project, sebuah badan usaha yang mengkhususkan diri dalam pemasaran budaya pop, Doujin Market kembali untuk tahun kedua dengan jumlah seniman hampir dua kali lipat daripada tahun lalu.

Dalam konvensi ini, pengunjung juga dapat melihat dan menikmati pertunjukan game cosplay menakjubkan dari Astro Kerrie dan Yasemin Arslan, seniman cosplay dari Australia. Astro Kerrie datang atas dukungan Evolve Perth, yang juga akan mensponsori hadiah uang tunai Game On! Cosplay Runway dalam GameStart tahun ini.

Adapun dalam teknologi AR, panitia penyelenggara mengumumkan bahwa NexRealm akan mempersembahkan reality techno sports pertama di dunia, yaitu HADO, dalam konvensi ini. HADO adalah esports pertama yang menggunakan alat-alat yang dapat dikenakan di tubuh dan teknologi AR dengan tampilan head mount serta motion. Layaknya olahraga dalam kehidupan nyata, para pemain dapat bermain secara nirkabel dan tidak harus selamanya berada di depan layar. Pengunjung juga berkesempatan mencoba pertandingan “Player VS Player” dalam GameStart 2017.

 Indies dan Start-ups kembali ke Founders Base

 Favorit lainnya adalah Founders Base, sebuah kawasan khusus pada GameStart untuk game indie. Dengan gerai-gerai bersubsidi bagi peserta perorangan, perusahaan start-ups dan perusahan kecil yang berfokus pada game, para pengunjung dapat mencoba berbagai macam game dari Asia Tenggara maupun Taiwan.

Bertarung demi Kehormatan

 South East Asia Major (SEAM) 2017, turnamen game fighting terbesar di Asia Tenggara akan dipenuhi dengan para gamer ternama dalam ajang GameStart 2017. Beberapa pertandingan yang akan diselenggarakan termasuk Final Kawasan Asia untuk Capcom Pro Tour 2017 (Street Fighter V), Asia Regionals untuk Tekken World Tour 2017 (Tekken 7), dan Kejuaraan Asia pertama untuk for Windjammers (sebuah game lama yang sangat terkenal dan kembali dikeluarkan untuk PS4). Hadiah total yang diperebutkan adalah lebih dari US$50.000 untuk ketiga pertandingan. Selain tiga pertandingan utama tersebut, juga akan terselenggara Guilty Gear XRD 2, Gundam Versus dan BlazBlue Central Fiction. Game lain akan diumumkan pada minggu-minggu yang akan datang.

Temukan dan Saksikan Game India mobile terbaik di sini

 GameStart 2017 juga akan menyelenggarakan IMGA SEA edisi kedua, dengan acara pemberian penghargaan pada tanggal 13 Oktober. Kompetisi ini terbuka bagi para developer, studio dan publisher mobile dari Asia Tenggara, Taiwan dan Hong Kong. Kompetisi pertama IMGA SEA pada tahun lalu menghadirkan lebih dari 300 game dari delapan negara, dan 11 developer berhasil pulang dengan senyum bangga membawa penghargaan yang diterima.

Bagi para pencinta game indie, penghargaan GameStart Indie Award sangat tepat untuk diikuti. Para pengunjung dapat memberikan suaranya untuk game Indie favorit yang hadir dalam GameStart 2017, dan developer game yang menang dapat menghadiri pameran Taipei Game Show 2018 pada bulan Januari 2018.

Pelaku Industri Ternama Melihat Kesempatan Bisnis Game di Kawasan Asia Tenggara

SEA SUMMIT adalah konferensi B2B pertama di Singapura bagi para pelaku industri game Asia Tenggara. Diselenggarakan atas kerja sama IMGA dan Eliphant, acara pertemuan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, membangun jaringan dan berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang terletak di Asia Tenggara maupun mereka yang ingin berkecimpung di pasar Asia Tenggara. Konferensi ini berfokus pada bisnis game di Asia Tenggara. Pokok-pokok yang akan dibicarakan antara lain adalah esports selain trend dan perkembangan, bisnis dan pemasaran game saat ini. Daftar pembicara dan topik yang akan dibahas akan diberikan menjelang hari H.

Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri di www.theseasummit.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Pra-registrasi wajib dilakukan untuk hadir dalam konferensi. Walaupun pra-registrasi tidak dipungut biaya, tiket yang tersedia sangatlah terbatas dan prioritas akan diberikan bagi para profesional industri game.

Merayakan Para Talenta dan Konten Terbaik serta Banyak Lagi dalam Industri Game

Dengan berbagai judul game, turnamen, penghargaan serta talenta, GameStart 2017 akan diselenggarakan di Singapura, yaitu di Suntec Convention Centre. Bandai Namco Entertainment Asia juga kembali sebagai salah satu peserta utama, dan Lenovo adalah merek Resmi komputer PC dalam acara ini. Adapun MyRepublic kembali turut serta sebagai Mitra Resmi Fibre Broadband. Tiket bagi mereka yang mendaftar lebih dahulu dan pernak-pernik acara dapat dibeli di ticketing.gamestart.asia.

“Industri game di Asia Tenggara bertumbuh pesat sejak acara GameStart pertama sekali diselenggarakan pada tahun 2014. Esports bahkan berhasil mendominasi kunjungan online dan juga media secara global. Para developer di Singapura dan kawasan sekitarnya juga berlomba untuk menampilkan game berkualitas serta interaktif. Game tabletop juga berhasil mendorong terbentuknya komunitas peminat. Saya sangat senang menyambut mereka dalam acara GameStart tahun ini. Seperti biasa, GameStart bertujuan sebagai tempat pertemuan para gamer dan segala sesuatu yang berkaitan dengan game agar mereka merasa terhibur. Saya dengan bangga memperkenalkan GameStart edisi tahun ini,” ujar Elicia Lee, Pendiri GameStart Asia. 

Tags: ,