Home Kegiatan Kominfo Dukung ACCI & APTIKNAS Gelar Digitech 2018

Kominfo Dukung ACCI & APTIKNAS Gelar Digitech 2018

121

Jakarta, Biskom – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung upaya Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) menggelar ajang Digital Technology Indonesia bertema Digital Transformation and Industry 4.0.

Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Sadjan mengatakan  agenda Digital Technology Indonesia bertujuan untuk memberikan literasi teknologi Informasi dan komunikasi kepada masyarakat agar ikut memperkuat ekonomi masyarakat di era industri 4.0.

“Dunia bisnis saat ini memang dituntut go digital karena era industri 4.0 sangat berkaitan dengan transformasi digitalisasi dan memang cloud computing menjadi pondasi utama,” ujar Sadjan, di Ruang Serbaguna, Kantor Kemenkominfo, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Sadjan, kementeriannya terus mempersiapkan ketersediaan infrastruktur dan aspek regulasinya. Kinerja itu dilakukan karena aktivitas masyarakat diprediksi nantinya mengarah pada digitalisasi guna meningkatkan kegiatan ekonomi dan tumbuhnya pelaku usaha.

“Industri 4.0, mengutamakan kecepatan dalam konteks kebutuhan bisnis, elektronik, otomatisasi dan cyber physical system terintegrasi untuk industri 4.0. Kepada generasi muda, kita terus mendorong lahirnya start up baru untuk mendorong percepatan ekonomi Indonesia,” ucap Sadjan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia Alex Budiyanto menilai, digital transformation dan industri 4.0 juga perlu dipersiapkan oleh pelaku industri.

“Layanan seperti cloud computing, big data, fintech, artificial inteligen, smartcity, blockchain, internet of things, cyber security, harapan pelaku industri siap untuk menghadapi era digital 4.0. Harapannya pelaku industri siap untuk menghadapi era digital 4.0,” ujar Alex.

Alex mengatakan, cloud computing menguntungkan para pelaku UMKM dan membantu start up untuk mendapatkan inovasi yang terjangkau di bidang perdagangan.

Berkaitan dengan acara yang akan digelar di Jakarta Convention Centre, 28 November mendatang, Alex mengungkapkan, kerja sama ACCI dengan APTIKNAS pada acara Digital Technology Indonesia untuk mempersiapkan transformasi digital dan industri 4.0.

Ketua Umum APTIKNAS,  Soegiharto Santoso menyampaikan, lembaganya memiliki tiga fokus dalam memantau trend digitalisasi saat ini yaitu Smart City, e-commerce dan Digital Talent.

“Kami amat fokus, misalnya salah satu prosesnya untuk membantu UKM di Blok B Tanah Abang Go Online dan tetap memanfaatkan Outlet nya utk Off Line. Upaya ini butuh beberapa peran, antara lain pihak pengelola gedung untuk menyiapkan lokasi pelatihan secara tetap, pihak asosiasi untuk memberikan pelatihannya, pihak market place e-commerce untuk penjualan On Line nya, serta keterlibatan pengusaha UKM-nya, termasuk peran media untuk menyebarkan program kami, sedangkan untuk program Smart City kami telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak EO dengan mengadakan seminar dan workshop tentang Smart City dan kami telah membuat website www.smartcityindo.com agar semua kegiatan dan solusi yang berkaitan dengan Smart City dapat ditampilkan, sehingga lebih banyak diketahui oleh masyarakat luas,” tutur Soegiharto. (red)