Jakarta, Biskom – Dimension Data, perusahaan integrator teknologi dan penyedia layanan terkelola, meluncurkan Laporan Tren Teknologi 2019 yang dikembangkan oleh tim ahli teknologi perusahaan.

Laporan ini mengidentifikasi tren industri mendasar pada masa mendatang mendefinisikan lanskap teknologi bisnis pada 2019 di bidang pengalaman pelanggan, keamanan dunia maya, bisnis digital, infrastruktur digital, tempat kerja digital, teknologi masa depan, dan layanan.

Group CTO Ettienne Reinecke mengklaim bahwa pada 2019 transformasi digital menjadi kenyataan. Dia memprediksi perusahaan inovatif akhirnya melihat proyek jangka panjang berbuah hasil.

Proyek transformasi yang sering direferensikan tetapi jarang diselesaikan secara menyeluruh akan mulai menjadi kenyataan berkat kematangan teknologi yang merubah tantanan yang ada. Misalnya kepintaran buatan alias artificial intelligence (AI), mesin pembelajaran dan proses otomatisasi melalui robot.

“Hingga saat ini, industri kita telah berbicara tentang teknologi inovatif secara teoritis, tanpa memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana inovasi baru yang kuat ini akan digunakan. Coba pikirkan sekelumit nama seperti analitik, mesin pembelajaran, kepintaran buatan, blockchain, dan container,” kata Etienne melalui siaran pers diĀ  Jakarta, (8/11).

Menurut Etienne semua gaya hidup lama semakin mulai berubah. Penerapan teknologi disruptif menjadi lebih dan adopsi atas teknologi tersebut berkembang stabil. “Kita akan melihat perusahaan paling inovatif memperlihatkan contoh transformasi digital yang berdampak pada 2019, dan akan ada lebih banyak perusahaan yang melakukan itu dalam waktu tiga tahun ke depan,” sambung Etienne.

Pada akhirnya, Etienne melanjutkan, bahwa mereka akan menyadari betapa penting teknologi yang digunakan. Dia pun memprediksi bahwa pada akhirnya teknologi dari Dimension Data akan menjadi hal yang sangat umum.

Berikut laporan tren teknologi 2019 yang akan menentukan lanskap teknologi bisnis tahun 2019:

Pertama, proses otomatisasi robot akan membentuk kembali pengalaman pelanggan

Pertumbuhan eksponensial yang terjadi dalam proses otomatisasi robot seperti: mesin pembelajaran, dan jaringan saraf heuristik – akan memberi perusahaan kemampuan untuk menggabungkan skenario, meningkatkan pemahaman, dan membuat keputusan prediktif secarareal-time tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan.

Kedua, organisasi akan fokus pada platform keamanan siber berbasis cloud

Pelanggaran keamanan siber yang terjadi terus menerus pada 2018 akan menyebabkan penyedia keamanan berbasis cloud mendapatkan momentumnya pada 2019.

Sistem keamanan berbasis cloud dibangun dengan API terbuka, hal ini berarti tim keamanan dapat mengintegrasikan teknologi baru ke platform dengan cepat dan dengan relatif mudah. Ini akan memastikan klien agar dapat mengikuti lanskap ancaman yang berkembang secara pesat.

Ketiga, infrastruktur dapat diprogram dengan model end to end

Perusahaan-perusahaan akan mulai berlangganan ke beberapa platform cloud dan meningkatkan penggunaan Software-as-a-Service (SaaS). Kemampuan pemprograman secara End-to-end berarti organisasi dengan cepat beradaptasi dengan perubahan lanskap bisnis dan menuntut lebih banyak dari aplikasi dan data mereka.

Keempat, aplikasi akan menjadi lebih cerdas dan dapat disesuaikan

Padai tahun mendatang, Dimension Data akan melihat aplikasi mengumpulkan masukan dari para pengguna dan membuat perubahan pada fungsi mereka sendiri untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada layanan. Kecerdasan buatan (AI) dan mesin pembelajaran akan memainkan peran penting dalam membantu karyawan bekerja lebih produktif.

Kelima, nilai daripada data akan menjadi pusat dari nilai alam semesta

Pada masa mendatang, fokus akan semakin bergeser ke nilai data yang sebenarnya, mendorong pencarian baru untuk menanamkan telemetri, mengumpulkan dan memperkaya data. Ini adalah data yang akan membentuk makna utama dari transformasi digital yang sesungguhnya dan menjadi sumber aliran pendapatan baru yang akan melampaui arus pendapatan tradisional. Ini akan menyebabkan perubahan dalam arsitektur informasi, di mana dengan kebutuhan menetapkan data kaya untuk mulai mendorong investasi TI. (red)