Home Figur Biskom SISI Ditarget Tingkatkan Kontribusi Pendapatan Induk Usaha

SISI Ditarget Tingkatkan Kontribusi Pendapatan Induk Usaha

323

Jakarta, Biskom- PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) menyambut era industri 4.0 dengan melakukan penelitian dan pengembangan (litbang) piranti lunak yang sesuai kebutuhan tersebut bagi dunia usaha.

Aplikasi yang diciptakannya akan berhubungan dengan internet of thing (IoT) sebagai salah satu bagian dari era industri 4.0. Sebelumnya, perusahaan ini hanya mengembangkan berbagai aplikasi yang berkaitan dengan ERP dan supply chain management pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya sudah memisahkan suatu tim kecil yang mengembangkan aplikasi yang berhubungan dengan IoT untuk perusahaan manufaktur,” kata Dimas Fajardinata, Vice President (VP) of Business Solution PT SISI.

Kebijakan tadi diambil dengan pertimbangan SISI merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi semen. Walaupun demikian, solusi sejenis untuk perkebunan juga sedang dikembangkan perusahaan lantaran klien terbesarnya adalah PT Perkebunan Nusantara.

Syahriza Prinka, VP of Marketing PT SISI meneruskan layanan solusi enterprise risk management juga sedang dirintis SISI. Ini diinspirasi dan dipelajari dari induk usaha bagaimana melakukannya. “Kita tumbuh dari induk usaha bukan hanya modal, tetapi business process dan pengalaman,” jelasnya.

Sekedar informasi, SISI telah menyediakan layanan Konsultasi IT, Managed Service, Software Deevelopment, dan System Integrator. Selain itu beberapa portofolio produk dari SISI antara lain, FORCA ERP, FORCA PoS, FORCA CRM, FORCA HR, EPOOOL, dan Digital Business Solution.

Waras Taufiq H., VP of Finance and Human Capital (HC) PT SISI mengungkapkan semula SISI hanya ditugasi melayani operasional atas teknologi informasi (TI) bagi induk usaha. Kemudian, perusahaan ini diminta berdiri di atas kaki sendiri (berdikari).

Selanjutnya, SISI diharuskan memberikan kontribusi omzet bagi induk usaha dengan bisnis di luar induknya.   “Kita ditarget memberikan sumbangsih omzet bagi induk usaha dikisaran Rp200 miliar pada 2019,” tukasnya.

Untuk mengembangkan bisnis, SISI merencanakan penambahan investasi pada 2019 yang diambilnya dari sebagian pendapatan yang diraihnya. Selain itu diperoleh pinjaman dari cash polling (suatu penghimpunan dana anak usaha Semen Indonesia) dengan bunga sebesar 9%. (Ade)