Home articles Jamkrindo Berangkatkan 1.700 Pemudik

Jamkrindo Berangkatkan 1.700 Pemudik

168

Perusahaan Umum (Perum) Penjaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menyelenggarakan ‘Mudik Bareng BUMN (Badan Usaha Milik Negara) 2019’ secara gratis. Langkah ini dilakukan dengan membuka pendaftaran mudik melalui situs mudikbumn.co.id sejak 3 April 2019-30 April 2019.

“Para calon pemudik  bisa langsung melakukan cek status pendaftaran dan melihat ketersedian kuota secara mandiri melalui web (situs) yang tersedia,” kata Randi Anto, Direktur Utama (Dirut) Perum Jamkrindo pada saat pelepasan peserta ‘Mudik Bareng BUMN 2019’ di kantor pusat Perum Jamkrindo, Rabu (29/5/2019).

Dari pendaftaran ‘Mudik Bareng BUMN 2019’ melalui mudikbumn.co.id diberangkatkan sebanyak 1.700 pemudik ke 22 lokasi di Indonesia pada Rabu (29/5/2019). Mereka menggunakan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut

Lokasi-lokasi tujuan pemberangkatan ‘Mudik Bareng BUMN 2019’ yakni Cirebon (Jawa Barat), Brebes (Jawa Tengah), Tegal (Jawa Tengah), dan Pekalongan (Jawa Tengah).

Kemudian, Semarang (Jawa Tengah), Solo (Jawa Tengah), Klaten (Jawa Tengah), dan Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta). Selanjutnya, Malang (Jawa Timur), Madiun (Jawa Timur), Surabaya (Jawa Timur), dan Bumiayu (Jawa Tengah).

Berikutnya, Purwokerto (Jawa Tengah), Purbalingga (Jawa Tengah), Kebumen (Jawa Tengah), Kutoarjo (Jawa Tengah), dan Purworejo (Jawa Tengah). Terakhir, Padang (Sumatera Barat), Belawan (Sumatera Utara), Bau-bau (Sulawesi Tenggara), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Bima (Nusa Tenggara Barat).

“Pada tahun ini, Perum Jamkrindo memberangkatkan 500 peserta mudik menggunakan kereta api, 500 pemudik menggunakan kapal, dan 700 pemudik menggunakan bus,” ujarnya.

Khusus pemudik yang menggunakan kapal diberangkatkan dari Tanjung Priok (Jakarta) menuju Makassar. Acara ini dilepas oleh dua direktur Perum Jamkrindo yakni Sulis Usdoko, Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan dan Kadar Wisnuwarman, Direktur Operasional dan Jaringan.

Perum Jamkrindo bersinergi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia/Pelni (Persero) memberangkatkan pemudik dengan kapal laut.

“Total ada delapan rute yang dilayani oleh Perum Jamkrindo yaitu Kumai-Semarang, Sampit-Surabaya, Batam-Belawan, Sampit-Semarang, Makassar-Surabaya, Makassar-Bima, Makassar-Bau Bau, dan Jakarta-Makassar,” ujar Sulis Usdoko.

Kemudian, pemudik yang menggunakan kereta api akan dilepas Perum Jamkrindo pada Kamis, 30 Mei 2019.

104 BUMN

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal, menambahkan ‘Mudik Bareng BUMN 2019’ merupakan bagian dari agenda rutin tahunan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui sinergi BUMN.

Mudik Bersama BUMN 2019 akan dilepas secara serentak oleh Presiden Joko Widodo dan  Menteri BUMN Rini Soemarno. Hal itu berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis, 30 Mei 2019.

Sebanyak 104 BUMN berpartisipasi dalam penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN 2019. “Mereka siap memberangkatkan lebih dari 250.000 pemudik ke berbagai kota tujuan di Tanah Air,” jelasnya.

Sekedar informasi, Perum Jamkrindo adalah BUMN yang bergerak di bidang penjaminan dengan produk program dan nonprogam. Produk untuk mendukung program pemerintah yaitu penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), penjaminan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sejahtera dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dan penjaminan sistem resi gudang.

Produk non-program yakni penjaminan kredit/pembiayaan umum, penjaminan kredit/pembiayaan mikro, penjaminan kredit/pembiayaan konstruksi, dan pengadaan barang/jasa.

Kemudian, penjaminan kredit/pembiayaan multiguna, penjaminan distribusi barang, penjaminan bank garansi/kontra garansi, surety bond, dan penjaminan kredit Bank Perkreditan Rakyat (BPR) serta Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS).

Selanjutnya, custom bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan invoice financing, penjaminan skema subsidi resi gudang, dan penjaminan perusahaan teknologi finansial (tekfin).

Perum Jamkrindo juga melakukan pemeringkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jaringan kerjanya terdapat di sembilan kantor wilayah, satu kantor cabang khusus, 56 kantor cabang, dan 16 Kantor Unit Pelayanan (KUP).

Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat AA Plus (Double A Plus, Stable Outlook) untuk Good Corporate Government/GCG (tata kelola perusahaan yang baik). (moc)