Home Berita Belajar TI Sambil Kemping Bersama Onno Purbo

Belajar TI Sambil Kemping Bersama Onno Purbo

338

Jakarta, BISKOM – Belajar teknologi informasi (TI) bisa dilakukan di mana dan kapan saja, termasuk di alam dan tidak di dalam ruangan. Meskipun belajar TI  dengan tema yang relatif berat, dalam IT Camp semua hal justru terasa ringan dan menyenangkan.

Kegiatan IT Camp terus diadakan secara rutin dan berkala, sejak digelar pertama kali pada 2009 silam.  IT Camp merupakan kegiatan diskusi dan pelatihan TI  yang dilaksanakan di alam terbuka layaknya sebuah kemping.

Tahun ini, IT Camp yang dikoordinir oleh Kelompok Remaja Melek IT dan Yayasan Onno Center International digelar pada 14-15 September 2019 di Citra Alam Lakeside (Situ Gintung) Cirendeu, Ciputat Tangsel. Ditargetkan sebanyak  150 peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, peminat TI hingga profesional TI akan bergabung dalam IT Camp 2019.

Adapun para nara sumber yang bakal berbagi ilmu di IT Camp 2019 diantaranya, Marsekal Madya Hari Pramono (TNI AU)- Ismail Fahmi (PT. Media Kernel Indonesia) – Ari Tjahjanto (PT. FiberStar) dan  Onno W. Purbo (Pakar Internet dari Onno Center International & KeRM.IT).

Pada tahun  ini, IT Camp akan membahas lebih dalam tentang hacking Big Data, termasuk belajar coding python menggunakan TensorFlow dan Keras. Juga, teknik melakukan Vulnerability Analysis dan Penetration Test. Yang tidak kalah keren adalah belajar sisi praktek teknik menggelar jaringan Fiber Optics.

Big Data sendiri merupakan data yang secara global tidak terstruktur dapat dirubah menjadi terstruktur melalui proses analisa (data mining) sehingga bisa didapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Dengan konektivitas internet, semua menjadi saling terhubung secara terus menerus, dari berbagi data, remote control, baik dalam kehidupan nyata maupun di dunia maya tersambung secara lokal maupun global melalui sensor yang selalu aktif.

Onno W. Purbo berharap   peserta IT Camp 2019 mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang teknologi-teknologi baru tersebut, sehingga menjadikan mereka lebih kompetitif di dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Sementara itu, Ketua Panitia IT Camp 2019 yang sekaligus Ketua Yayasan Onno Center International, Nurlina Purbo mengatakan, “IT Camp tahun ini lebih banyak diikuti oleh para profesional TI mengingat temanya yang mengangkat tentang Ihacking Big Data.

Seperti diketahui, saat ini sudah trendnya kita mengetahui betapa pentingnya Big Data, sehingga keamanannya sangat perlu dijaga dari para hacker yang pintar dan dapat menjebol pertahanan Data itu. Sering kita dengar data Bank mau data lain yang di jebol oleh para Hacker Profesional

Diterangkan Nurlina,  sistem belajar TI di alam terbuka seperti IT Camp yang kita buat tidak akan didapatkan di tempat lain. Karena di acara ini peserta langsung bertatap muka dengan para ahlinya dan langsung mempraktekkan Ilmu yang di dapat langsung seketika. suasana yang santai dan kekeluargaan, peserta diharapkan akan lebih cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pembicara,” paparnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari penuh, lanjut Nurlina, Dan berbeda dari tahun sebelumnya, pada malam hari nanti akan dilakukan kegiatan ‘ngoprek’ bersama.

Lebih lanjut  Nurlina menambahkan, IT Camp sudah diadopsi di Aceh tahun 2015 dan di Pemalang bulan Juni 2016 dan November 2019, Magelang Jawa Tengah bulan Oktober 2019. Tidak tertutup kemungkinan, kedepan IT Camp juga akan diselenggarakan di daerah lain di seluruh nusantara. Tiap tahunnya, tema dan materi pembelajaran yang diberikan selalu mengikuti trend ilmu tekhnologi terbaru.

Materi yang pernah disampaikan di IT CAMP antara tahun 2009 sampai 2017 antara lain : – Pengenalan komputer, jaringan, merakit komputer server, pembuatan jaringan internet, jaringan wireless maupun internet telepon (VoIP). – Hacking pemula – Open BTS dan Cloud Computing – TV Internet (Streaming), Radio Internet, Home Teater PC, Media Server, UPnP, OpenBTS new version (Multi BTS) – sekitar Big Data, Data Mining, Bit Coin and Z Cash Mining in Internet.

Kegiatan IT Camp merupakan salah satu misi dari Onno Center International, yakni mencerdaskan bangsa melalui TI. Peserta IT Camp kebanyakan kaum muda yang mempunyai keingintahuan sangat tinggi dan sangat potensial untuk diberikan pemahaman yang benar tentang teknologi-teknologi terbaru.

Ketum APTIKNAS, Soegiharto Santoso alias Hoky yang juga menjabat sebagai Ketum APKOMINDO mengatakan; Kami dari APTIKNAS sangat mendukung kegiatan IT Camp yang dimotori oleh Onno Center International sebab sejalan dengan salah satu progam APTIKNAS, yaitu melakukan mengedukasi dibidang TIK, apalagi kita semua telah mengetahui tentang dedikasi Kang Onno terhadap dunia TIK dan sejak dulu telah berkeliling Indonesia untuk Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI, bahkan sesungguhnya Kang Onno juga menjadi salah satu pendiri APTIKNAS, oleh karenanya setelah kegiatan ini APTIKNAS akan menjalin kerjasama melakukan Roadshow berkaitan dengan edukasi dibidang TIK bersama Onno Center International dan tentunya akan melibatkan seluruh pengurus serta anggota APTIKNAS yang ada di 28 DPD dari Aceh hingga Papua.” ungkap Hoky.

IT Camp 2019 terselenggara berkat kerjasama dengan PT. Datascrip, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonsia (APJII), PT Astra International Tbk, PT Fiberstar, GCR Indonesia, Linksys, Belkin, Bintang Raya.com, Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), dan ICT Watch yang setia mendukung IT Camp sejak awal 2009 sampai sekarang, serta tidak ketinggalan Biskom selalu berkesempatan menjadi salah satu media partnernya. (Red)