Home Berita Ucapan Selamat dan Apresiasi dari 56 Tokoh Publik ke Marsekal TNI DR.(HC)...

Ucapan Selamat dan Apresiasi dari 56 Tokoh Publik ke Marsekal TNI DR.(HC) Hadi Tjahjanto SIP mewarnai Buku Panglima Zaman Now.

1055

BISKOM – Ferdinand L Tobing selaku penulis menjelaskan bahwa  pemberian judul Panglima Zaman Now (PZN)  dikutip dari statement  Bambang Soesatyo SE.MBA (Bamsoet) saat masih menjabat Ketua DPR RI awal tahun 2018.

Bamsoet yang saat ini menjabat Ketua MPR,  termasuk salah satu Tokoh publik yang artikelnya mengisi buku PZN. Saat ditemui Ferdinand beberapa waktu lalu diacara Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2019 dikawasan Fx Sudirman Senayan, Bamsoet turut memberikan ucapan selamat ulang tahun ke 56 kepada Marsekal TNI DR (HC) Hadi Tjahjanto SIP.

Penyusunan buku ini yang masuk katagori Ontologi dengan metode riset studi fenomologi dan reportase jurnalistik  dimana waktu penyusunannya memakan waktu hampir dua tahun karena melibatkan banyak pihak dilengkapi analisa riset media antara lain  hasil riset litbang Kompas tahun 2018 dan Oktober 2019 yang mengukur adanya peningkatan kinerja TNI berdasarkan persepsi masyarakat hasilnya citra TNI cenderung semakin baik semasa kepemimpinan Hadi Tjahjanto. (Litbang Kompas  7 Oktober 2019).

Ferdinand sebagai putra purnawirawan TNI AU yang saat masa remajanya sama dengan Hadi Tjahjanto berdomisili  di Lanud Abd. Saleh Malang  terpanggil menyusun buku PZN , untuk memotivasi pembacanya dari generasi milenial untuk selalu bekerja dan  berprestasi yang terbaik sesuai talenta yang dimiliki untuk menggapai cita-citanya.

Isi buku disamping pendapat dan apresiasi dari tokoh publik juga kutipan pidato penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dibidang Manajemen Sumber Daya Manusia yang disampaikan dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Sebelas Maret tanggal 20 September 2019 di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ferdinand saat itu hadir penuh meliput sebagai jurnalis dengan izin khusus dari Korem Surakarta Kodam IV Diponegoro. Sehingga karya tulis buku ini murni karya jurnalistik. Demikian juga terdapat artikel dari Bamsoet saat menjabat ketua DPR yang menyatakan  brand statement “Panglima TNI Zaman Now” layak disandang Hadi Tjahjanto lengkap ulasan kriterianya.

Yang paling penting artikel hasil riset litbang kompas dimulai akhir tahun 2018 sampai dengan Oktober 2019 yang menyatakan citra TNI meningkat dimata masyarakat.

Adapun Tokoh Publik yang memberikan Apresiasi atas kepemimpinan maupun pribadi Hadi Tjahjanto antara lain:

  1. Jenderal TNI  (Purn) Agum Gumelar, Watimpres/Ketua Umum Pepabri
  2. Letjen TNI ( Purn) Agus Wijojo, Gubernur Lemhannas
  3. Prof.Dr. J Kristiadi, analis politik Direktur CSIS
  4. Prof.Dr. Bibid Samat Riyanto MM, Wakil Ketua
  5. Prof. Andi Widjajanto, Pakar Ilmu Pertahanan
  6. Zulkifli Hasan, Ketua MPR (2014-2019), Wakil Ketua MPR (2019 – 2024) dan tokoh lainnya yang akan diuraikan lebih lengkap detailnya dalam buku Panglima Zaman Now.

Disamping itu nama tokoh publik yang khusus memberikan Ucapan Selamat Ulang tahun (HBD) ke 56 pada tanggal 8 november 2019 kepada Hadi Tjahjanto yang dapat dihimpun Ferdinand antara lain:

  1. Bambang Soesatyo SE MBA, Ketua MPR
  2. Sukmawati Soekarno Putri, Putri Proklamator
  3. Yenny Wahid, Direktur wahid Institute
  4. Prof. dr. Effendi Gazali, Gurubesar Ilmu Komunikasi UI
  5. Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Ketua MK 2003-2008 / Dewan pakar ICMI
  6. Dr. Andi Widjadjanto, Pakar ilmu pertahanan CSIS
  7. Romo Beni, Tokoh Rohaniawan Katolik
  8. Tri Rismaharini, Walikota Surabaya
  9. Sutiaji, Walikota Malang
  10. Rendra Kresna, BcKU, SH, MM, MPM., Bupati Malang
  11. Dr. M Mochtar Ngabalin, Stafsus Presiden
  12. Luhut Pangaribuan, Ketua Peradi
  13. Prof. Dr. Romly, Pakar hukum Pidana
  14. Tjandra Setiawan, Ketua Matakin Rohaniawan Khonghutju
  15. Suhadi, Senjaya Ketua Umum Parisada Hindu
  16. Prof.Dr. Azjumardi, Rektor UIN Jakarta
  17. Dr. Sri Adiningsih, Watimpres
  18. Abdul Manan, Ketua Umum AJI Indonesia (Aliansi Jurnalis Indonesia)
  19. Soegiharto Santoso, Ketua Umum DPP APTIKNAS
  20. seluruh anggota WAG Ex. Remaja Amarta Abdulrahman Saleh tahun 1960-1980 an dan warga Propau Lampung Utara dan lainnya.

Buku PZN rencananya akan diterbitkan (soft launching)  pada hari ulang tahun kabupaten Malang akhir November 2019 dan akan diluncurkan pada hari peringatan Bela negara tanggal 19 Desember 2019, mengingat peran pejuang TNI AU khususnya unit PHB sangat berkontribusi semasa PDRI 1948-1949 dimana orangtua Ferdinand, Alm. Nico. L. Tobing ikut bergerilya di Kutotinggi Sumatra Barat (tercatat dibuku Sewindu TNI AU terbitan Mabes TNIAU).

Buku ini tidak dijual komersil tetapi akan dibagikan secara terbatas kepada beberapa sekolah serta komunitas dilingkungan keluarga Angkatan Udara antara lain komunitas Ex. Remaja Amarta Lanud Abd. Saleh, SD-SMP-SMA Angkasa Abd. Saleh. SMPN 3 Pagas Singosari. SMAN1 Lawang. SMAN 3 Malang. SMA Pradipta Surakarta,  Sekolahan di Pemukiman Purnawirawan AU Propau Lampung dan Banjar Jabar, serta komunitas Perhimpunan Putra Putri Angkatan Udara P3AU di beberapa kota yang pernah dikunjungi Ferdinand saat menjabat Koordinator Satgas Penanggulangan Bencana dan Kabid Infokom P3AU  antara lain di Lanud Adi Sucipto Yogya, Lanud Adi Sumarmo Solo, Lanud Suwondo Medan, Lanud Halim Jakarta, Lanud Manado, Lanud ATK Lampung dan lainnya.

Ferdinand sebagai penanggungjawab media Dirgantara Bela Negara juga Kepala Perwakilan Jawa Tengah dan DIY dari salah satu media online nasional.

Penerbitan buku ini yang juga merupakan karya jurnalistik bekerjasama dengan Yayasan Matra Dirgantara pimpinan pembina P3AU Ardy Suharnoko (Putra Pahlawan Nasional) serta didukung Ketum P3AU Pery Omardani.

Adapun penerbit dan distribusi adalah Swara Resi. Sedangkan ISBN nantinya didapatkan dari Perpusnas yang juga telah memfasilitasi Ferdinand melakukan penelitian dengan memberikan ruangan khusus peneliti lengkap dengan peralatan komputer canggih dan ruangan yang ekslusif dikawasan Merdeka Selatan Jakarta Pusat. (bersambung)

Catatan: Ferdinand L Tobing adalah mantan Tenaga Ahli DPR RI, Mantan Pengurus Pusat Putra Veteran PPM, mantan Ketua Bidang Infokom P3AU, Senior Riset Lembaga RESI (Riset Ekonomi Sosial Indonesia), anggota aktif FKPPI, Pimpinan Media Dirgantara Bela Negara, Konsultan Senior SDM Swara Resi Konsulting, anggota Ikatan Ahli Bencana Indonesia, Koordinator PPSDM Dirgantara, Forum Alumni Pengurus P3AU dan pernah menjadi dosen SDM di Universita Petra Surabaya serta aktivitas lainnya diorganisasi rohaniawan seperti PIKI, API.

Email aktif: fortapal@gmail.com dan redaksi@swararesi.com.