Dokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. (Sumber Weibo via BBC)

Wuhan, BISKOM – Kenalkah anda dengan sosok dokter Li Wenliang? Ia adalah salah seorang dokter mata di rumah sakit di Wuhan, China. Dirinya lah yang pertama kali memperingatkan adanya virus corona di China.

Dokter Li pada 30 Desember 2019 telah memperingatkan teman-teman seprofesinya dalam sebuah grup percakapan online tentang penyakit mirip SARS yang diderita beberapa pasien di Rumah Sakit Wuhan. Pada hari yang sama, saat ia menyampaikan pesan tersebut, otoritas kesehatan setempat mengumumkan bahwa kota tersebut telah mengonfirmasi 27 kasus virus jenis baru. Ia mengingatkan agar teman-temannya mengenakan pakaian pelindung agar tak tertular.

Usai pesannya viral, Komisi Kesehatan kota Wuhan memperingatkan bahwa setiap organisasi atau individu tidak diizinkan untuk memberikan informasi terkait perawatan kepada publik tanpa izin. BBC News melaporkan, otoritas setempat mendatangi dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit di Wuhan itu. Mereka menyatakan bahwa Li telah mengganggu ketertiban social dan Dia pun diberikan sebuah surat peringatan.

Li Wenliang meninggal dunia pada Jumat (7/2/2020) pukul 02.58 waktu setempat, karena terinfeksi virus corona. “Kami sangat menyesali dan berduka atas kematian ini,” kata rumah sakit pusat Wuhan dalam sebuah pernyataan singkat di media sosial mereka.

Usai di diagnosis pada bulan Januari lalu, masyarakat Tiongkok memuji apa yang dilakukan dokter Li meski dibungkam. Dilaporkan oleh CBS News, otoritas setempat juga menyatakan permintaan maafnya karena telah memintanya untuk diam. (red)

loading...