Robot Pemadam Kebakaran Dok-Ing MVF-3 milik Dinas Gulkarmat DKI Jakarta saat uji coba di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat di Ciracas, Jakarta Timur (Sumber: jakartafire.net)

Jakarta, BISKOM – Teknologi pada prinsipnya adalah sesuatu yang dapat memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia. Di segala aspek, kemajuan teknologi sudah begitu pesat. Contohnya adalah robot pemadam kebarakan jenis Dok-Ing MVF-3 yang dimiliki oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur, sudah mulai melakukan uji coba robot pemadam kebakaran di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat di Ciracas, Jakarta Timur. Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, uji coba pemadaman api yang membakar tumpukan ban bekas dilakukan dengan melibatkan teknisi robotik dari Kroasia, negara yang memproduksi robot tersebut. “Setelah dilakukan uji coba, ke depan robot pemadam ini akan kami siagakan untuk membantu petugas dalam melakukan pemadaman api maupun mengurai material kebakaran,” ujarnya.

Robot ini mampu mendorong benda berkekuatan 8 ton, mampu menarik benda seberat 6 ton, mampu mengangkat benda seberat 2,5 ton serta tahan api dan ledakan. “Robot ini juga mampu menampung air sebanyak 500 liter dan busa 400 liter dengan jangkauan semprot airnya mencapai  55 meter dan semprot busa sejauh 40 meter,” jelas Muchtar.

Ivan Zanic, instruktur mekanik robot asal Kroasia menjelaskan bahwa robot pemadam kebakaran ini tak hanya untuk kebakaran rumah saja, tetapi juga untuk kebakaran khusus yang membahayakan manusia, seperti teror bom, dan rudal peluru. “Fungsi utama robot ini untuk penanggulangan kebakaran di medan yang tak bisa dijangkau anggota damkar,” imbuhnya.

Dalam mengoperasikan robot pemadam kebakaran ini, ada sebuah remote control dengan jarak antara remote dengan robotnya maksimal 1,5 km. Petugas operator akan bekerja sebagai pengendali dari gerakan robot. Sementara itu, pada badan robot terdapat sembilan kamera yang siap memantau dari segala arah.

Kabid Sarana Prasarana Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Suharja mengatakan, dalam kesempatan itu, pihaknya juga menggelar pelatihan kepada 53 petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mulai hari ini hingga 12 Februari mendatang. “Harapannya, para petugas ini bisa mengendalikan robot pemadam┬ádengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (vin)