Ilustrasi KRL (Sumber: kontan.co.id)

Jakarta, BISKOM – PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) akan melakukan pengantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota. Penggantian tersebut akan dilakukan mulai tanggal 13 Februari-23 Februari 2020. VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, pergantian wesel merupakan bagian penting dalam meningkatkan keandalan prasarana perkeretaapian yang fokus pada keselamatan dan kelancaran pelayanan perjalanan kereta di masa akan datang.

Wesel adalah konstruksi rel kereta api yang bercabang (bersimpangan) tempat memindahkan jurusan jalan kereta api. Wesel terdiri dari sepasang rel yang ujungnya diruncingkan sehingga dapat melancarkan perpindahan kereta api dari jalur yang satu ke jalur yang lain dengan menggeser bagian rel yang runcing.

Penggantian wesel tersebut berimbas kepada operasi KRL di sejumlah rute. 45 jadwal kereta dari Bogor/Depok dan Bekasi/Cikarang menuju Stasiun Jakarta Kota hanya sampai Stasiun Manggarai mulai tanggal 13 Februari mendatang. Begitu pula jadwal sebaliknya yakni Stasiun Jakarta Kota-Depok/Bogor dan Stasiun Jakarta Kota-Bekasi/Cikarang hanya sampai Stasiun Manggarai.

“Dari total 281 perjalanan KRL Depok/Bogor dan Cikarang/Bekasi dengan tujuan Jakarta Kota maupun sebaliknya, terdapat 45 perjalanan yang akan mengalami rekayasa pola operasi dan satu KA dibatalkan,” terang Anne.

Selain dua lintasan tadi, perjalanan KRL di lintas lainnya akan tetap berlangsung normal sebagaimana biasa. “Sebagai bentuk antisipasi, PT KCI telah berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menambah armada busnya di Stasiun Manggarai yang dapat menghubungkan pengguna ke berbagai koridor jalur transjakarta,” imbuh Anne.


Berikut Rute KRL yang mengalami perubahan selama masa penggantian wesel:

loading...