Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH., menjadi saksi para Ketua Muda menandatangani pakta integritas.

Jakarta, BISKOM – Ketua Mahkamah Agung,  Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH., melantik dan mengambil sumpah tiga Ketua Muda Mahkamah Agung, Ketiga Ketua Muda tersebut adalah, Ketua Muda Pembinaan, Ketua Muda Pengawasan, dan Ketua Muda Perdata.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung Mahamah Agung lantai 14, Jumat (21/2/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Foto bersama I Gusti Agung Sumanatha Ketua Muda Perdata MA, Andi Samsan Nganro Ketua Muda Pengawasan MA dan Takdir Rahmadi Ketua Muda Pembinaan MA.

Para Ketua Muda yang dilantik adalah; Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM. sebagai Ketua Muda Pembinaan Mahkamah Agung, jabatan tersebut merupakan amanah jabatan untuk masa yang kedua kalinya, kemudian Dr. H. Andi Samsan Nganro, SH., MH, sebagai Ketua Muda Pengawasan yang juga masih menjabat sebagai Juru Bicara Mahkamah Agung, beliau menggantikan posisi Dr. Sunarto, SH., M.Hum, yang telah telah  dilantik menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial pada 23 Mei 2018 lalu, selanjutnya I Gusti Agung Sumanatha, SH., MH,. sebagai Ketua Muda Perdata untuk menggantikan posisi Soltani Mohdally, SH., MH yang telah memasuki masa pensiun pada 1 Maret 2019 lalu.

Pelantikan tiga Ketua Muda tersebut berdasarkan dua Keputusan Presiden, yaitu Keputusan Presiden No 20/P Tahun 2020 tanggal 18 Februari 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 21/P tahun 2020 tanggal 18 Februari 2020.

Soegiharto Santoso dan Binsar M. Gultom mewawancari Dr. H. Andi Samsan Nganro, SH., MH Ketua Muda Pengawasan yang juga masih menjabat sebagai Juru Bicara Mahkamah Agung.

Dalam upacara pelantikan Ketua MA Hatta Ali membacakan sumpah jabatan, yang diikuti para pejabat yang dilantik; “Saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua Muda Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara Republik 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya, menurut UUD Negara Republik Indonesia 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”  selanjutnya setelah pengambilan sumpah jabatan, para Ketua Muda menandatangani pakta integritas.

Dalam wawancara singkatnya Andi Samsan mengatakan; “saya akan melaksanakan VISI dan MISI dari Mahkamah Agung, sebab Ketua Muda Pengawasan adalah perpanjangan tangan dari Ketua Mahkamah Agung dalam menyelengarakan pengawasan internalnya, tentu saya akan berupaya membangun sistem pengawasan yang lebih baik lagi dan meningkatkan pengawasannya, kami akan selalu melayani laporan-laporan dan pengaduan-pengaduan dari masyarakat yang disampaikan kepada Mahkamah Agung.” ungkapnya.

Dengan jabatan barunya sebagai ketua pengawasan, Andi Samsan berwenang mengawasi lebih dari 8.000 hakim dan lebih dari 23.000 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Mahkamah Agung di seluruh Indonesia.

Soegiharto Santoso bersama Kepala Divisi Hukum Polri Irjen. Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A.

Sementara itu Kepala Divisi Hukum Polri Irjen. Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., M.B.A. yang hadir mewakili KAPOLRI mengucapkan selamat kepada para Ketua Muda Mahkamah Agung yang baru dilantik dan diambil sumpahnya serta mendoakan untuk tercapainya seluruh VISI dan MISI Mahkamah Agung.

Turut hadir menyaksikan acara pelantikan tiga Ketua Muda Mahkamah Agung antara lain; Ketua Mahkamah Konstitusi Dr. Anwar Usman, S.H., M.H.,  Ketua Komisi Yudisial Dr. Jaja Ahmad Jayus, S.H., M.Hum., Jaksa Agung S.T. Burhanuddin,  jajaran Hakim Agung, Hakim Ad Hoc pejabat Eselon 1 hingga Eselon 4 Mahkamah Agung, para mantan hakim agung dan undangan lainnya. (Hoky)

Artikel Terkait:

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Peran UU Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman

Johanis Tanak Lulus Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V

Ketua MA Hatta Ali Melantik Tiga Ketua Muda Pada Mahkamah Agung RI

MA Kabulkan Kasasi Syafruddin Arsyad Temenggung, Terdakwa Kasus BLBI.

Tolak PK Baiq Nuril, MA Tegaskan Tak Ada Maladministrasi

Peluncuran Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIPERMARI)

Hakim Kena OTT KPK di Balikpapan Diberhentikan Sementara Oleh MA.

Ketua MA Luncurkan SIPP Tingkat Banding Versi 3.2.0.

Semarak Acara MA di Labuan Bajo

MA Siap Hadapi Pemilu, Ketua Kamar TUN Berpesan Pejabat Wajib Laksanakan Perintah Hukum

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

HUT IKAHI Ke-66, Ketua MA Harap Hakim Pahami Ekonomi Digital

Perlunya Hakim Berperspektif Gender Untuk Wujudkan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak

Presiden Jokowi Apresiasi Reformasi di MA lewat aplikasi e-Court

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Lantik 29 Ketua Pengadilan Tingkat Banding

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Ketua MA Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Integritas Manajemen SDM berbasis Kompetensi