Sosialisasi Sistem Informasi TNI AU di Gedung Leo Watimena Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Sumber: tni.mil.id)

Jakarta, BISKOM – Sosialisasi Sistem Informasi TNI AU dilangsungkan Senin (2/3/2020) bertempat di Gedung Leo Watimena Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Sosialisasi ini merupakan program kerja Disinfolahtaau T.A 2020 dan perintah lisan dari Kepala Staf Angkatan Udara. Sistem informasi yang sudah dibangun bertujuan untuk mendukung tugas satuan agar menghasilkan informasi yang tepat, cepat, akurat dan transparan. Acara ini dihadiri oleh Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus,S.E, Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Zulfahmi, serta para Pejabat Kohanudnas maupun Kosekhanudnas I, Sahli Kohanudnas, Perwira Menengah Kohanudnas serta Komandan Satrad 211 Tanjung Kait.

Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus menekankan pentingnya system informasi. ”Siapapun yang berhasil merebut sistem informasi akan memenangkan perang, karena sistem informasi yang akurat dan cepat merupakan dasar untuk pengambilan keputusan,” tegasnya.

Dirinya berharap agar kegiatan sosialisasi sistem informasi TNI AU ini untuk disimak dan dimengerti oleh seluruh peserta sosialisasi kemudian ditularkan dan dibagikan kepada satuan jajaran maupun anggota.

Sementara itu, Kadisinfolahtaau Marsma TNI Hari Pramono menyampaikan sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tentang aplikasi yang sudah dibangun dilingkungan TNI AU dan memberikan gambaran secara umum, fungsi serta penggunaannya. “Selaku pembina sistem informasi, Disinfolahtau secara bertahap telah membangun dan mengembangkan sistem informasi TNI AU di bidang operasi, personel, logistik maupun manajemen untuk mendukung proses pengolahan data secara digital/elektronik. Sistem informasi yang telah dibangun diantaranya aplikasi Simko Personel, Simte-Logistik, Website TNI AU, aplikasi TWP, Siminfokum, Binpotdirga, Siminu Setumau, Sistem Aset dan Email dinas TNI AU,” ujarnya.

Marsma TNI Hari Pramono juga memberi penekanan untuk tidak lagi menggunakan akun yahoo dan gmail dalam berkirim surat dinas tetapi menggunakan akun tni-au.mil.id. Demikian juga dengan pemanfaatan web hosting, diharapkan satker dalam membangun website satuan, dapat menggunakan web hosting TNI AU (Disinfolahtaau) yang sudah dimiliki.

“Dengan adanya sistem informasi yang sudah dibangun, diharapkan peran user di satuan dapat memberikan umpan balik terhadap kesiapan sistem dalam mengolah data menjadi informasi sehingga menghasilkan informasi yang tepat, cepat, akurat dan transparan,” pungkas Hari. (red)

loading...