Ilustrasi logo ASISINDO dan APTIKNAS

Jakarta, BISKOM – Wabah virus corona (Covid-19) yang melanda Indonesia berdampak hampir di semua aktivitas kehidupan masyarakat. Pemerintah sudah menghimbau agar masyarakat bekerja dari rumah. Namun hal ini tidak dapat dilakukan oleh para tenaga medis dan dokter. Mereka harus bekerja siang malam untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Di lain sisi, Alat pelindung diri (APD) yang digunakan tenaga medis untuk menangani pasien corona makin minim. Hal tersebut menjadi ancaman tersendiri bagi tenaga medis, terlebih mereka berhubungan langsung dengan pasien positif corona. Para perawat bahkan harus menggunakan masker dan alat pelindung diri yang sama untuk banyak pasien selama satu hari atau satu shift kerja. Idealnya, satu masker digunakan untuk menangani satu pasien. Setelah selesai, masker harus diganti saat tenaga medis akan menangani pasien lain.

Hal ini menggerakkan Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi, Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) untuk memberikan bantuan APD bagi para tenaga medis. Ketua umum ASISINDO, Tan Widarno mengatakan gerakan ini dinamakan INDONESIA BISA LAWAN CORONA dengan hashtag #bantudarirumah . Tan menjelaskan tujuan penggalangan dana ini karena ada banyak sekali info dari para tenaga medis dan dokter yang saat ini membutuhkan bantuan APD.

“Ada banyak sekali rumah sakit kecil dan besar yang sudah kehabisan APD ini. Mereka sama dengan kita cuma manusia biasa, mereka sudah berkorban jiwa dan raga buat kita. Sekarang waktunya kita berupaya untuk membantu menunjang pekerjaan mereka dengan menyediakan APD ini,” ujar Tan.

Lebih lanjut Tan mengatakan, mulai malam ini ASISINDO dan APTIKNAS akan impor APD by air (perjalanan udara). “Hal ini dengan pertimbangan saat ini kita sulit mendapatkan supplier lokal untuk beberapa item dan stok saat ini sudah menipis sekali. Sehingga kita upayakan impor sendiri agar tidak mengambil persediaan yang memang sudah dibutuhkan pula disini,” jelas Ketum ASISINDO.

Ketua Umum APTIKNAS, Soegiharto Santoso alias Hoky mendukung sepenuhnya aksi sosial ini. “Di tengah situasi wabah saat ini, ada baiknya kita menyatukan tenaga dan pikiran untuk membantu meringankan tugas paramedis, lewat hal-hal yang bisa kita lakukan. Bantuan APD ini sangat diperlukan dan kami berharap aksi ini dapat bermanfaat,” tutur Hoky.

Senada dengan Hoky, Ketua APTIKNAS DPD DKI Jakarta, Fanky Christian juga mengharapkan partisipasi berbagai kalangan untuk mendukung Gerakan INDONESIA BISA LAWAN CORONA.”Ini adalah sebuah aksi kemanusiaan. Mari sama-sama kita bergotong royong untuk melawan virus corona,” kata Fanky.

ASISINDO dan APTIKNAS membuka kesempatan bagi siapa saja yang tergerak hatinya untuk ikut berdonasi mendukung kegiatan ini dengan cara melakukan transfer dana ke rekening BCA 015-4564-515 atas nama Sugiyanto. Bapak/ibu yang telah melakukan transfer mohon dapat menginformasikan kepada contact person Nurul 085775866845.

“Kenapa Indonesia disebut negara yang besar? Karena Indonesia ada kalian, yang punya hati besar. Kami ucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah membantu Gerakan INDONESIA BISA LAWAN CORONA,” pungkas Tan. (red)

loading...