Presiden Jokowi melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, BISKOM – Ditengah pademi wabah Covid 19, bertempat di Istana Negara, hari ini Rabu (15-04-2020) ┬ápukul 13.00 WIB. dilangsungkan pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Para awak media meliput secara live streaming yang di siarkan Langsung oleh Biro pres dan media dari istana Negara.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Jokowi kepada Ahmad Riza Patria. Penyerahan surat keputusan ini dilaksanakan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden No 40/P/2020 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022. Setelah itu, Jokowi pun memandu sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara, serta berbakti kepada nusa dan bangsa ” kata Riza saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Setelah dilakukan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, dan dihadiri beberapa menteri termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, juga hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Foto Kika: Habiburohman DPR RI Ketua DPP Gerindra, H .Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Menhan Prabowo Subianto serta Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI.

Sebelumnya diketahui setelah lebih dari dua tahun, akhirnya kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta terisi oleh politikus Gerindra, Ahmad Riza Patria yang mengisi kekosongan kursi Wagub DKI setelah ditinggal Sandiaga Uno.

Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 2022 pada Senin 23 Maret. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih 81 suara saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Riza menang telak saat pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara pesaingnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Prabowo datang untuk menyaksikan kader partainya, yaitu Ahmad Riza Patria, yang dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Prabowo hadir dengan mengenakan setelan jas hitam dipadu dengan peci hitam mengenakan masker, karena pelantikan Wagub DKI Jakarta berlangsung di masa pandemi Covid-19, sehingga seluruh tamu undangan diwajibkan mengenakan masker.

Acara pelantikan ini memang dilakukan sesuai protokol pencegahan virus corona Covid-19 dan memang dibuat sederhana dan minimalis,  sesuai protokol  maka seluruh tamu undangan yang hadir serta para pejabatnya negara di lakukan rapid tes bodychek suhu tubuh dengan thermo scener gun, acarapun tetap dapat berlangsung dengan tertib dan lancar serta hikmat.

Pada bagian akhir, Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada Ahmad Riza Patria diikuti oleh seluruh tamu yang hadir dan acara ditutup dengan ramah tamah seluruh tamu dan undangan. (reporter: Barley)