Jakarta, Biskom- Penduduk di seluruh dunia kini semakin banyak menghabiskan waktu untuk bermain game sembari berdiam di rumah, estimasi kami menunjukkan bahwa total belanja bagi 2,7 miliar pengguna untuk game seluler akan mencapai $77,2 miliar di tahun 2020. Laporan terbaru dari platform pemasaran aplikasi global Adjust memetakan perkembangan genre aplikasi game yang siap memetik manfaat dari pertumbuhan ini – Game Hiperkasual.

Genre game ini terdiri dari lightweight games yang membuat kecanduan serta dapat langsung dimainkan dan dimainkan berulang kali. Laporan ini menganalisis dataset kampanye iklan untuk berbagai Game Hiperkasual yang dibuat oleh Unity, platform untuk membuat konten 3D secara real-time yang menyediakan inventaris iklan global dan jaringan premium.

Laporan ini menemukan bahwa aplikasi Game Hiperkasual mengalami pertumbuhan yang luar biasa di kuartal pertama tahun 2020 karena penggunaan aplikasi dan jumlah unduhan memecahkan rekor. Laporan ini didasarkan pada Top 1000 dan semua aplikasi yang dilacak oleh sistem Adjust dan kampanye iklan Unity pada Q4 2019 – Q1 2020.

Kombinasi game mechanics yang sederhana dan desain minimalis yang digunakan oleh Game Hiperkasual membuat pengguna lebih menerima dan semakin tertarik dengan iklan. Game Hiperkasual dapat membangun model bisnis yang unik untuk mobile gaming berkat penerimaan pengguna terhadap iklan, sehingga monetisasi iklan menjadi sumber pendapatan utama (95%) bagi genre ini.

“Game Hiperkasual dengan cerdas menggabungkan pengalaman iklan terbaik dan mechanics yang paling menarik untuk menjangkau sebanyak mungkin pemain dari berbagai kategori. Genre ini telah mendesain ulang model tradisional yang berkaitan dengan akuisisi pengguna dan monetisasi iklan,” kata Paul H. Müller, co-founder dan CTO Adjust. “Ketertarikan pengguna terhadap game seperti ini tidak bertahan lama dan mereka senantiasa mencari aplikasi berikutnya, yang dibuat oleh perusahaan yang sama, untuk dimainkan — kondisi ini menimbulkan efek bola salju, karena pengguna beralih dan menambah basis pengguna perusahaan.”

Oleh sebab itu, pembuat aplikasi Game Hiperkasual meningkatkan efektivitas iklan. Game Hiperkasual memiliki rata-rata rasio klik-tayang sebesar 22% dan tingkat instalasi yang mencapai 14%.

“Game Hiperkasual semakin banyak diminati belakangan ini saat masyarakat berdiam di rumah karena pandemi COVID-19, kondisi ini menimbulkan persaingan yang ketat untuk menarik pengguna,” kata Agatha Hood, Head of Global Advertising Sales, Unity Technologies.

“Dengan memahami metrik dan mechanics di balik game hiperkasual, pembuat aplikasi dapat secara efektif menyusun strategi akuisisi pengguna dan monetisasi mereka agar dapat mencapai kesuksesan, yang sesuai dengan realita baru yang kita hadapi saat ini,” tutupnya. Laporan ini dan kerja sama kami dengan Adjust memberikan panduan bagi pembeli tentang cara memanfaatkan platform iklan Unity di saat yang sangat menguntungkan bagi game seluler. (red)

loading...