Jakarta, Biskom- Sektor eSports dengan cepat menjadi sangat populer di seluruh dunia, khususnya di kawasan Asia Pasifik. Pendapatan pasar Asia Tenggara sendiri diperkirakan akan tumbuh 13,9 persen tahun-ke-tahun pada 2019, dan pasar mobile games merupakan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan peningkatan pendapatan sebesar 17,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, dengan diperkenalkannya 5G di seluruh wilayah, sektor game online multi-pemain berdiri untuk mendapatkan manfaat dari investasi baru oleh platform streaming langsung dan perusahaan game yang diharapkan akan mendorong eSports ke arus utama.

Di seluruh dunia, komunitas eSports berkembang pesat, dengan penonton yang menonton game diperkirakan mencapai 645 juta orang pada 2022, dari 454 juta pada 2019. Wilayah Asia Pasifik menyumbang 57 persen dari penonton yang sering menonton. Penonton ini seringkali adalah pemain itu sendiri yang memupuk pengaruh besar dalam permainan tertentu pada platform seperti Twitch. Pada 2023, diperkirakan akan ada 320 juta gamer di Asia Tenggara dan Cina Taipei, menurut Niko Partners.

Turnamen juga telah mendapatkan kerumunan yang lebih besar sejak kawasan ini mengadakan turnamen pertamanya pada 2016. Pada 2019, League of Legends World Championship adalah turnamen eSports paling populer, dengan total 137 juta jam ditonton.

Agar eSports terus berkembang di pasar yang berbeda di Asia Tenggara, sangat penting bagi merek (brand) untuk memahami motivasi komunitas game termasuk mengapa, apa, dan seberapa banyak mereka bermain. Pengetahuan ini sangat penting untuk menyempurnakan bagaimana komunitas game dipasarkan saat kompetisi semakin memanas di kawasan ini.

Data permainan sangat berharga untuk meningkatkan pengalaman pemain dan penonton, serta mengembangkan inovasi dengan cepat berdasarkan masukan dan perilaku mereka. Seiring investasi di sektor ini, serta bertumbuhnya minat keseluruhan pada permainan dan turnamen, bagaimana industri eSports dapat memanfaatkan, dan meningkatkan, kemampuan analisis data untuk meningkatkan pengalaman komunitas?

Menghubungkan data eSports

Industri eSports telah berkembang menjadi dunia yang serius di mana milidetik membuat perbedaan. Dalam ekosistem yang hampir murni digital, komunitas eSports telah menghasilkan sejumlah besar data yang digunakan tim dan pihak lain untuk menemukan wawasan berharga tentang penggemar, transaksi, dan mitra pihak ketiga.

Peningkatan jumlah penonton dan hadiah uang dari turnamen, serta publisitas untuk industri, secara bersamaan telah menciptakan kebutuhan bagi perusahaan analitik untuk membangun serta menyiasati tim dan pemain industri game dengan perangkat lunak data. Dari perspektif kinerja pemain saja, tim menganalisis gerakan spasial dan reaksi pemain dalam permainan serta tindakan yang mungkin dilakukan. Mereka juga harus mengelola mata uang dan sumber daya game, serta perubahan patch dan pembaruan game biasa.

Menangkap, menganalisis, serta berbagi titik data yang luas ini bukanlah hal yang mudah, dan membutuhkan teknologi terbaru untuk membantu para ilmuwan menambang data berharga yang akan membantu pemain, tim, dan pihak ketiga bersaing – dan menang. Ekosistem pemangku kepentingan ini sangat tergantung pada data penerbit game. Peserta, jumlah penonton, serta hasil pertandingan juga merupakan poin data penting yang diakses dan dianalisis selama turnamen oleh pihak ketiga yang berupaya meningkatkan pengalaman penggemar dan meningkatkan pendapatan. Faktanya, API memungkinkan banyak teknologi yang mendukung eSports dan olahraga modern, menciptakan pengalaman langsung yang kita nikmati hari ini.

Sebagai hasil, penerbit game dan pemain industri akan perlu menggunakan platform manajemen untuk membuat produk dan mendistribusikan data yang dapat dikonsumsi oleh seluruh komunitas. Platform manajemen API asli cloud ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga, aplikasi seluler, dan perangkat yang terhubung untuk berinteraksi dengan data di luar firewall, membuat proses berbagi data menjadi sederhana, cepat, dan aman. Penyedia data dapat menggunakan portal untuk menangani lalu lintas dan membuat data lebih dapat dikonsumsi oleh para pemangku kepentingan mereka.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk pengembang game dan pemangku kepentingan lainnya untuk tetap terhubung dengan komunitas mereka serta mendapatkan wawasan tentang kebutuhan mereka (misalnya merancang game baru, mempromosikan game atau merek, meningkatkan pengalaman, dan bertaruh). Peningkatan kecepatan, keamanan, streaming, dan keandalan data eSports ini akan memungkinkan industri untuk mendorong perkembangan game inovatif di masa depan, dan pertumbuhan pendapatan untuk industri.

Manajemen API dan kemampuan analisis data yang kuat akan sangat penting bagi masa depan eSports di kawasan ini untuk memastikan keakuratan, konsistensi, dan relevansi data langsung dan historis. Dengan akses cepat dan aman ke data yang relevan, pemangku kepentingan di komunitas eSports dapat memperoleh wawasan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja pemain, meningkatkan pengalaman bermain game dan melanjutkan perpindahan eSports ke arus utama. (red)