Jakarta, Biskom – Covid-19 telah melanda dunia pada tahun 2020. Meskipun turut mengalami bencana epidemi ini, namun Taiwan saat ini berada di peringkat teratas untuk tingkat pemulihan yang cepat, sekaligus melambungkan reputasi industri medisnya ke penjuru dunia. Walaupun demikian, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jawara industri medis Taiwan sejatinya adalah lensa kontak, yang menyumbangkan sekitar 68 persen dari nilai output medis Taiwan, serta hampir 14 persen dari nilai ekspor.

Sebagai informasi, rasio ekspor lensa kontak Taiwan melebihi 70 persen dari total produksi, dimana sebagian besarnya diekspor ke Jepang dan Tiongkok. Nilai ekspor pada tahun 2019 mencapai sekitar 445 juta dolar AS, dan telah mengalami pertumbuhan selama 11 tahun.

Menurut Director of Strategic Marketing Department TAITRA, Chun-Tse Wu, dalam keterangan pers, Selasa (30/6), jumlah penjualan mengalami penurunan sebagai akibat dari pandemi Covid-19, karena penutupan toko-toko fisik dan berkurangnya aktivitas masyarakat di luar rumah dalam beberapa bulan terakhir. “Total nilai ekspor dari Januari hingga Mei 2020 mengalami penurunan sekitar 3,16 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya”, ungkap Chun-Tse Wu.

Seiring membaiknya kondisi dunia, perusahaan-perusahaan Taiwan berharap adanya peningkatan positif pada bulan-bulan berikutnya. Selain itu, negara-negara lain juga telah melakukan terobosan dalam industri lensa kontak pada beberapa tahun terakhir. Selain permintaan yang ada untuk keperluan perbaikan penglihatan dan masalah kecantikan, lensa kontak dapat dilengkapi dengan teknologi medis dan efek therapeutic di masa depan, seperti pemantauan blood glucose, medicine absorption, perawatan alergi mata, dan sebagainya.

Untuk diketahui, Taiwan memiliki beberapa brand lensa kontak papan atas, antara lain TICON, HYDRON, PEGAVISION, dan MIACARE. HYDRON memiliki produk ‘Eye secret monthly contact lens’, yang memenangkan Taiwan Excellence Award 2020. Produk ini dilengkapi dengan banyak fitur baru seperti 38% low water-content lens formulation, lensa bi-aspheric, desain special curve, serta larutan pengawet yang mengandung sodium hyaluronate dan trehalose. Sementara itu, TICON meluncurkan ‘the moment daily disposable soft contact lens’ yang dapat memberikan fungsi perbaikan sekaligus kecantikan, serta telah memenangkan Taiwan Excellence Award 2019.

Menurut Contact Lens Spectrum, pasar lensa kontak global diprediksi akan mengalami pertumbuhan pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sekitar 6,2 persen, pada tahun 2019 hingga 2023. Pasar Eropa dan Amerika diprediksi menyumbang sekitar 70 persen dari pasar global, sementara Asia menyumbang 30 persen dan merupakan daerah yang paling cepat berkembang. Lensa kontak telah berevolusi dari fungsi perbaikan penglihatan pada mulanya, menjadi fungsi kebutuhan kecantikan, dan sekarang mereka akan memiliki lebih banyak lagi fungsi medis. Dengan menggabungkan teknologi lintas-industri, lensa kontak dapat terus berkembang menjadi teknologi yang dapat digunakan di masa depan.

“Perusahaan-perusahaan Taiwan telah berupaya melakukan inovasi dan penelitian untuk menghadapi pasar persaingan yang ketat. Taiwan Excellence juga akan mengikuti perkembangan situasi epidemi dan terus mempromosikan produk Taiwan yang berkualitas tinggi”, pungkas Chun-Tse Wu. (red/*)