Jakarta, BISKOM – BAKTI Kominfo dan Komisi I DPR RI menggelar webinar dengan tema Membekali Diri dengan Kemampuan TIK di Era New Tatanan Kehidupan Normal Baru pada Minggu (12/7/2020). Bertindak sebagai narasumber yakni Ketua Komisi I DPR RI Meutya V. Hafid, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto, dan CEO and Founder Pinhome Dayu Dara Permata.

Henri menilai penerapan kenormalan baru (new normal) merupakan sebuah keniscayaan di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir. Dirinya mengatakan masyarakat perlu berhati-hati terhadap Covid-19 yang mengancam bahkan membunuh diri sendiri dan keluarga akibat keganasannya, akan tetapi dalam kondisi ini setiap orang tentu tidak bisa berdiam diri. 

Pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan namun juga sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang justru bisa bersinergi dengan pandemi ini.  “Tampaknya justru teknologi dan Covid ini bisa bersinergi, hikmahnya begitu. Kita malah sekarang kecepatannya luar biasa untuk menuju kepada kondisi yang disebut sebagai teknologi industri 4.0, atau nanti setelah new normal ada next normal,” jelasnya.

Sebagai contoh menurut Henri, jika sebelum Covid-19 banyak orang terkagum dengan universitas ternama seperti Harvard University yang dalam proses pembelajarannya menggunakan teknologi digital. Saat ini justru hampir semua perguruan tinggi di dunia telah memanfaatkannya, termasuk di Indonesia.

“Sekarang ternyata itu menjadi keharusan, tidak saja lagi harus Harvard, kita pun di Indonesia mau tidak mau kalau ngajar menggunakan teknologi digital, ini yang terjadi, itu semacam keniscayaan,” pungkasnya. (red)

loading...