Pertanyaan simple saya kepada tim sebelum kami memasuki bulan September 2020 adalah “Virtual Event apa yang akan kita buat sepanjang September ?”

Dari awal pandemi berkecamuk di Indonesia, kami mulai membuat berbagai virtual event, demikian kami menyebutnya, untuk tidak hanya membuat orang lain mengenal, mengerti dan mengetahui solusi dan produk lain terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tapi juga membuat diri kami bersemangat bekerja.

Tekanan pandemi Covid19 ini memang berdampak besar terhadap bisnis dan usaha kami, terutama yang selama ini mengandalkan event offline, dan mendadak kami harus siap masuk ke event online, yang selama ini kurang diminati orang. Tapi sekarang semua berubah. Dengan rata-rata kehadiran diatas 50–70 orang dalam setiap event kami, kami berupaya memberikan yang terbaik untuk bisa membantu orang lain.

September Ceria, itu awal pikiran kami. Tapi sulit sekali menggabungkan Cerita dengan IT, terutama di masa seperti ini. Tidak banyak orang yang ceria dengan kondisi sekarang. Maka tibalah kami di tema SMART, tepatnya Be Smart. Menjadi Pintar. Bahkan mungkin, bila tepat dengan kami, menjadi CERDAS. Be-SMART menjadi target virtual event kami.

Lalu kami mulai berpikir. Karena sekarang ini sudah sangat banyak kegiatan webinar. Kami harus menemukan pola lain, mencari mitra lain. Dan mungkin itu tidak di dalam negeri. Kami harus Inside-Out, mencari partner di luar negeri. Jatuh pilihan kami kepada Taipei Computer Association. TCA yang biasanya sibuk di bulan-bulan ini dengan Computex dan beragam event lainnya juga merasakan hal yang sama.

Lalu via WA, kami mulai merancang virtual Event Be-Smart. Kami cari yang apa yang orang butuhkan. Smart Home, ya itu yang sudah mulai marak. Dan Taiwan adalah salah satu sumber smart home dunia.

Lalu Smart Manufacturing, ini sangat menarik. Gerakan Industry 4.0 yang dicanangkan pemerintah dari April 2018, seolah mendapatkan momentum , pada saat pandemi terjadi. Semua perusahaan manufaktur harus berpikir keras, untuk tetap bisa hidup dan bertahan, termasuk menggunakan berbagai teknologi mendukung smart manufacturing, smart factory. Kami mencoba menampilkannya dalam kesempatan kali ini, berkolaborasi dengan Industrial Development Bureau (IDB) Taiwan.

Setelah itu, fokus kami kepada Usaha Kecil Menengah (UMKM dan UKM) yang digadang-gadang menjadi tiang pondasi ekonomi bangkit di tengah pandemi. Tapi dari 62jt UMKM dan UKM yang ada, baru 8juta yang melek IT. Dan target terdekat tahun ini, meningkatkan menjadi 10jt UKM yang mampu gunakan IT. Tentu kami sangat tertantang bisa terlibat dalam kegiatan ini.

Dan terakhir, beragam layanan digital , kami menyebutnya e-Services , berkembang dan digunakan dalam masa pandemi ini. Maka Smart E-Services akan menjadi virtual event terakhir di September 2020.

Semoga apa yang kami coba buat ini, bisa membantu banyak perusahaan, instansi dan publik untuk bisa mengenal, mengetahui dan belajar menggunakan, mengimplementasi beragam teknologi smart ini dalam keseharian.

Pastikan anda terdaftar dalam EventCerdas.com dan mengikuti beragam kegiatan kami. Tetap semangat melewati masa pandemi ini, dengan tetap belajar bersama. Bagi anda yang ingin menjadi presenter / sponsor, silahkan mengkontak tim kami Fhara-0811–1472260, Putri +62 857–7415–4495.

Sampai bertemu di acara virtual event BE-SMART kita.

loading...