Kemenkop UKM berkolaborasi dengan Grab Indonesia untuk mendorong perluasan digitalisasi serta peluang ekonomi bagi UMKM (Sumber: Dok. Grab)

Jakarta, BISKOM – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Grab Indonesia untuk mendorong perluasan digitalisasi serta peluang ekonomi bagi jutaan UMKM di Indonesia, terutama yang terkena dampak pandemi Covid-19. Kerjasama ini meliputi:

  • Memberi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM
  • Mendaftarkan UMKM ke dalam ekosistem digital untuk mempercepat transformasi digital pelaku usaha
  • Menjembatani pelaku UMKM untuk menciptakan perluasan kerja sama dalam mengembangkan bisnis
  • Dukungan promosi dalam berbagai kegiatan Grab Indonesia.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pihaknya berkomitmen penuh membantu pemerintah dalam mendukung keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia. “Melalui kerja sama dengan Kemenkop UKM, Grab akan memberikan akses perluasan digital dan dukungan peluang ekonomi yang lebih luas kepada para jutaan UMKM tradisional di Indonesia agar mereka bisa terus bertahan,” terang Neneng.

Kemitraan ini merupakan lanjutan dari program #TerusUsaha ini dengan memberikan pelatihan dan pembinaan berbasis digital kepada UMKM Indonesia. Tujuannya agar UMKM berkembang dan mampu bersaing di ekosistem ekonomi digital Indonesia yang juga terus bertumbuh. Diproyeksikan kolaborasi ini dapat menjangkau lebih dari 400.000 UMKM pada akhir 2020.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan peran pihak swasta seperti Grab sangat dibutuhkan agar bisa membantu memastikan keberlangsungan bisnis UMKM yang tentunya berimplikasi terhadap perputaran ekonomi Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Grab Indonesia dalam mendukung percepatan transformasi digital para UMKM. Kami harap ini juga bisa menjadi batu loncatan sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital,” pungkasnya. (red)