Ilustrasi Bendung Katulampa (Sumber: kumparan.com)

Jakarta, BISKOM – Ketinggian Air di Bendung Katulampa menyentuh 250 cm pada pukul 18.18 WIB, Senin (21/9/2020). Warga di bantaran sungai Ciliwung Jakarta diimbau untuk waspada atas kiriman air dengan perkiraan 6 jam sampai 9 jam ke depan.

Sebagai informasi, Bendung Katulampa yang menjadi acuan potensi banjir di Jakarta telah ditetapkan siaga 1, selang 16 menit setelah tinggi muka air mencapai 200 cm atau Siaga 2.

“Pukul 17.00, TMA masih nol sentimeter, naik drastis satu jam berikutnya menyetuh 120 sentimeter atau Siaga III. Saat ini, hingga pukul 18.00, TMA terus naik di Siaga II dengan TMA 170 sentimeter dan belum satu jam naik lagi ke Siaga waspada dengan ketinggian 250 sentimeter,” kata Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

Andi mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dipinggiran bantaran aliran Sungai Ciliwung untuk waspada mengingat deras aliran sungai. “Kami telah menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui Media Sosial, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram dan Website. Termasuk pihak berwenang di DKI Jakarta,” terang Andi.

Mengutip situs resmi BMKG, hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan turun sekitar pukul 19.00 di sejumlah wilayah di Jakarta Pusat seperti Menteng dan Tanah Abang.

Di Jakarta Barat, hujan akan turun di Kebon Jeruk. Kemudian di Jakarta Selatan sejumlah wilayah yang turun hujan meliputi Setiabudi dan Kebayoran Lama.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor paling banyak akan turun hujan meliputi Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Kemang, Rumpin, Jasinga, Cigudeg, Klapanunggal, Ranca Bungur, dan Leuwisadeng.

Lalu di Kota Bogor meliputi Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Utara, Tanah Sareal, dan sekitarnya.

BMKG memperkirakan hujan akak meluas dan turun di wilayah Jakarta Barat seperti Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kalideres, Pal Merah, dan Kembangan. Lalu di Kota Jakarta Pusat yakni di Gambir.

Di Kota Jakarta Selatan hujan juga akan turun Tebet, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Pesanggrahan. Berikutnya, ada Kota Jakarta Timur yakni Duren Sawit.

Terakhir BMKG memperkirakan hujan akan turun di beberapa wilayah Kota Tangerang seperti Cipondoh, Karang Tengah, Larangan, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB. (red)

loading...