Sumber: kominfo.go.id

Jakarta, BISKOM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent Scholarship 2020. Pelatihan digital yang ditujukan untuk warga negara Indonesia dan perempuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini merupakan bagian dari dukung kepada Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta menyiapkan talenta digital di bidang pemasaran agar kapasitas pelaku UMKM meningkat. Program ini bekerja sama dengan Gojek Indonesia, Tokopedia dan Google.

GBBI merupakan kampanye nasional yang merupakan ajakan bagi seluruh masyarakat agar tergugah dan menyadari arti pentingnya mendahulukan konsumsi atas barang dan jasa dari dalam negeri yang tidak kalah berkualitas.

Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar menjelaskan bahwa fasilitasi kepada pelaku UMKM atau yang akan memulai usaha bertujuan agar bisa memanfaatkan TIK untuk keberlangsungan dan pengembangan usaha. “Targetnya tahun ini bisa meningkatkan skala bisnis 22.000 pelaku UMKM, mulai dari peningkatan kapasitas dan penguatan daya saing hasil produksi hingga pola distribusi yang cepat dan efisien memanfaatkan teknologi digital,” jelasnya.

Basuki menyatakan dalam pelatihan Digital Entrepreneurship Gojek, peserta akan diberikan pengetahuan bisnis digital dan keterampilan untuk mengadopsi dan mengoptimalisasi teknologi ke dalam pengembangan usaha di dunia digital. Sedangkan bersama Tokopedia, Kementerian Kominfo menyasar pelaku UMKM saja. “Kelas Pelatihan Digital Entrepreneurship Tokopedia dikhususkan untuk pelaku UMKM yang sudah berjualan offline atau online,” tuturnya.

Sementara Pelatihan Digital Google Indonesia dibuka dua kelas untuk umum dan ibu rumah tangga. “Pelatihan Digital Entrepreneurship Google dua jenis kelas pelatihan yaitu kelas yang terbuka untuk umum (Kelas Umum) dan kelas yang dikhususkan untuk wanita yang sudah/pernah menikah (Kelas Ibu Rumah Tangga/IRT),” papar Basuki.

Pendaftaran program ini dibuka mulai 12 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2020 dan pelaksanaan pelatihan dimulai pada 2 November 2020. Untuk pendaftaran silakan klik digitalent.kominfo.go.id (red)

loading...