Ilustrasi

Jakarta, BISKOM – Bagi anda para pengguna mailing list Yahoo Group bersiaplah untuk bermigrasi ke platform lain. Hal ini dikarenakan Yahoo Group akan dinonaktifkan pada 15 Desember 2020 mendatang.

Yahoo Group diluncurkan 19 tahun lalu pada 2001, kemudian Yahoo Group dibeli oleh Verizon pada 2017 lalu. Verizon kemudian memutuskan untuk menutup Yahoo Group melalui pengumuman lewat email kepada para pengguna Yahoo Group dan lewat situs web Yahoo.

Popularitas Yahoo Group kian terpinggirkan seiring dengan kehadiran forum online yang lebih baru, seperti Reddit, Google Group, dan Group Facebook. Para pengguna pun mulai meninggalkan Yahoo Group dan berpindah ke layanan forum online yang lebih baru.

“Penurunan pengguna (Yahoo Group) stabil selama beberapa tahun terakhir,” begitu kata Verizon, bicara tentang tidak adanya rencana perusahaan menghidupkan kembali Yahoo Group.

Dilansir dari ZDNet, mulai hari ini pengguna Yahoo Group bahkan tidak dapat membuat grup baru. Hanya fungsi email yang akan dibiarkan aktif. Akan tetapi, fitur email juga akan dihentikan setelah 15 Desember 2020 ketika Verizon berencana untuk menutup semua infrastruktur Yahoo Group. Penutupan Yahoo Group mengakhiri era bagi orang-orang yang telah menggunakan internet sejak awal kehadirannya.

“Meski keputusan ini tidak mudah, terkadang kita harus membuat keputusan sulit terkait produk yang tidak sesuai lagi dengan strategi jangka panjang kami saat kami mengasah fokus ke area bisnis lainnya,” jelas Yahoo seperti dikutip Selasa (13/10/2020). (red)