Webinar Pengembangan Teknologi dan Digital Talent dalam Percepatan Transformasi Digital di Daerah.

Jakarta, BISKOM – Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Forum Komunikasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota Seluruh Indonesia (ForK4SI) telah berhasil menyelenggarakan Webinar Pengembangan Teknologi dan Digital Talent dalam Percepatan Transformasi Digital di Daerah pada pada hari Kamis, 10 September 2020 yang lalu dengan pihak PT. Garindo Media Tama (PT GMT) sebagai Event Organisernya.

Bahwa selanjutnya bersama Forum Komunikasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kota Seluruh Indonesia (ForK4SI) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dengan event organiser PT. Garindo Media Tama (PT GMT) dan PT Teguh Mandiri Promosindo (PT TMP)  akan menyelenggarakan  Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) dengan Tema Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Pengembangan Desa Digital, pada hari Kamis, tanggal 26 November 2020, bertempat di Ayodya Ballroom, Indoluxe Hotel, Yogyakarta.

Transformasi digital adalah bagian proses dari teknologi yang lebih besar, dan merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Kebutuhan masyarakat akan teknologi di daerah menjadi hal fundamental agar masyarakat tidak tergerus perkembangan zaman, Untuk mengenalkan dan mendekatkan inovasi teknologi tepat guna kepada masyarakat adalah salah satu kewajiban pemerintah yang berperan untuk dapat mensejahterakan warganya. Kebutuhan masyarakat dalam teknologi antara lain: Pelayanan Publik, Kesehatan, Pendidikan, dan Pariwisata.

Tidak hanya terkait dengan dunia komputer, tetapi juga merambah ke bidang lain dalam lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi. APTIKNAS berkomitmen mendukung percepatan teknologi untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat.

Telah hadir sebagai narasumber antara lain:

  1. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P, Gubernur Jawa Tengah
  2. Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA, Kepala Balitbang SDM Kominfo RI – diwakili oleh DR. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc, Kepala Pusat Pengembangan Profesi & Sertifikasi Kominfo RI
  3. Dr. Ir. GS Vicky Lumentut, S.H, M.Si, D.E.A, Walikota Manado – diwakili oleh Dr. Liny Tambayong ST, M.Si, Kepala Bapelitbangda Kota Manado
  4. Haris S Tome, Ketua Umum FORK4SI
  5. I Nyoman Giri Prasta, S.Sos., Bupati Badung – diwakili oleh Drs. I Ketut Suiasa, S.H., Wakil Bupati Badung
  6. Soegiharto Santoso/ Hoky, Ketua Umum APTIKNAS
  7. Jamalul Izza, Ketua Umum APJII
  8. Ignatius Benny, Account Manager, Hikvision Indonesia
  9. Sabas F. Chahyanto, Vice President Marketing, Primacom Interbuana

Untuk menyaksikan cuplikan video youtube kegiatan Webinarnya dapat klik via link ini; https://www.youtube.com/watch?v=4LUDaPCwI2s , sedangkan untuk video youtube yang secara keseluruhan dapat klik via link ini; https://www.youtube.com/watch?v=mDH0BVU7UfA&feature=emb_logo

Tujuan diselenggarakannya webinar tersebut adalah;

1. Membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan teknologi digital dan digital talent antara nara sumber, kepala daerah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk dapat diimplementasikan di masyarakat.

2. Mensosialisasikan regulasi dan implementasi tentang transformasi digital yang sudah atau akan di laksanakan pada suatu daerah.

3. Sebagai wadah pertukaran informasi antara Swasta dan Pemerintah, untuk dapat menemukan inovasi yang diperlukan sebagai solusi pemerintah daerah melakukan percepatan transformasi digital di daerah.

Melalui Webinar ini, dengan peserta para Bupati dan para Walikota, para Perangkat Daerah, para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia, para Pakar dibidang TIK, para Praktisi dibidang TIK dan para Pemerhati serta pihak Swasta, maka diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat di Indonesia.

Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Pengembangan Desa Digital.

Tentang pelenggaraan Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) dengan Tema Pemanfaatan Smart Technology di Masa Pandemi dan Pengembangan Desa Digital, pada hari Kamis, tanggal 26 November 2020, bertempat di Ayodya Ballroom, Indoluxe Hotel, Yogyakarta. Dimana rencananya akan hadir menjadi narasumber antara lain:

  1. Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.B.A, Wakil Menteri Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi RI
  2. Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo RI
  3. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P, Gubernur Jawa Tengah
  4. Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., Gubernur Jawa Barat
  5. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.Kn., Walikota Tangerang Selatan
  6. Dr.(H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T., Wali kota Surabaya
  7. Pakar Smart City – UGM
  8. Soegiharto Santoso/ Hoky Ketua Umum APTIKNAS
  9. Jamalul Izza Ketua Umum APJII
  10. Sabas F. Chahyanto, Vice President Marketing, Primacom Interbuana
  11. Alfred Wijaya, Head of Go-to-market, PT. NTT Indonesia Solutions
  12. Andris Masegi, Director of Sales & Channel, PT. Hewlett Packard Enterprise Indonesia
  13. Yesaya Yulius, Sales Manager, EBConnection

Acara tersebut akan dilaksanakan secara Hybrid Zoom dari Venue Indoluxe Hotel, Yogyakarta tempat berkumpul para Kepala Dinas Kominfo yang akan menyaksikan Webinar secara bersama-sama.

Venue: Ayodya Ballroom, Indoluxe Hotel, Yogyakarta.

Tujuan diselenggarakannya Seminar & Webinar (Hybrid Zoom Conference) nanti adalah;

1. Membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan Smart Technology dan Desa Digital antara nara sumber, kepala daerah dan pelaku usaha untuk dapat diimplementasikan di kehidupan masyarakat.

2. Mensosialisasikan regulasi dan implementasi tentang Inovasi teknologi yang sudah atau akan di laksanakan pada suatu daerah dalam menghadapi keadaan di masa pandemic.

3. Sebagai wadah pertukaran informasi antara Swasta dan Pemerintah, untuk dapat menemukan inovasi yang diperlukan sebagai solusi pemerintah daerah melakukan pengembangan Smart Technology dan Desa Digital di daerah.

Bahwa Pandemi Covid-19 telah mengubah seluruh pola kehidupan masyarakat yang dewasa ini disebut sebagai kehidupan Era Normal Baru, hal ini mendorong berkembangnya Smart Technology yaitu Inovasi teknologi “pintar” yang dapat dimanfaatkan untuk beradaptasi di berbagai bidang untuk tetap menunjang berjalannya roda perekonomian.

Bahwa Desa Digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi.

Bahwa kegiatan tersebut telah menjadi kebutuhan masyarakat akan teknologi di daerah menjadi hal fundamental agar masyarakat tidak tergerus perkembangan zaman, Untuk mengenalkan dan mendekatkan inovasi teknologi tepat guna kepada masyarakat dari kota sampai kepada pedesaan adalah salah satu kewajiban pemerintah yang berperan untuk mensejahterakan warganya. Kebutuhan masyarakat dalam teknologi antara lain: Pelayanan Publik, Kesehatan, Pendidikan, dan Pariwisata.

Oleh karena itu melalui  event organiser PT GMT, pihak ForK4SI bergandengtangan bersama APTIKNAS dan APJII untuk terus berperan aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung percepatan smart technology untuk pemenuhan kesejahteraan masyarakat, terkhusus dalam keadaan yang sekarang terjadi di masa pandemic, apalagi ForK4SI merupakan Forum Komunikasi Kadis Kominfo Kabupaten dan Kota yang terdiri dari 514 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia sebagai ujung tombak perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melaksanakan program di daerah dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi. (Redaksi)

Keterangan: Untuk informasi Sponsorship kontak: Sdr. Kris 0822-1196-2403 dan Sdri. Putri 0857-7415-4495

Kegiatan-kegiataan Event Cerdas dapat dilihat pada link: www.eventcerdas.com

Cara Mengikuti Event di EventCerdas :

  1. Mendaftar sebagai member : https://www.eventcerdas.com/registrasimember.php
  2. Calon member akan mendapatkan konfirmasi email sebagai member di eventcerdas.com
  3. Member login dan memilih event yang mau diikuti.
  4. Panitia event terkait akan mengkonfirmasi kehadiran member sebagai calon Peserta
  5. Calon Peserta akan menerima link event online via email (Online Event) atau QRCode (Offline Event)
loading...