DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH., dilantik sebagai Sekretaris MA

Jakarta, BISKOM – Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA), Dr. H.M Syarifuddin SH., MH, melantik DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. sebagai Sekretaris Mahkamah Agung pada Selasa, 22 Desember 2020 di Ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Dr. Hasbi menggantikan A.S Pudjoharsoyo yang telah habis masa jabatannya pada Agustus lalu.

Pelantikan ini berdasarkan Surat keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor 193/TPA Tahun 2020 tanggal 8 Desember 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung.

Sebelumnya terdapat 3 nama yang lolos seleksi menjadi kandidat Sekretaris MA, yakni Kapuslitbangkum pada Balitbang MA, Hasbi, Dirjen Peradilan Militer dan TUN MA, Lulik Tri Cahyaningrum, dan Kepala Biro Umum pada Bada urusan Administrasi MA, Supandi.

Hasbi lahir di Menggala, Lampung pada 22 Mei 1967. Doktor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, memulai karir sebagai Calon Hakim di Pengadilan Agama Sungailiat pada 1994-1997. Kemudian sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Pangkalpinang (1997-2000) dan sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Tenggamus (2000-2002). Hakim yang aktif menulis karya ilmiah ini juga pernah menjadi Asisten Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama pada tahun 2002-2005 dan juga pernah menjabat sebagai Asisten Wakil Ketua Mahkamah Agung pada tahun 2005-2007.

Alumnus Pondok Pesantren Darussalam Gontor tersebut pernah juga menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung pada tahun 2015. Jabatan terakhirnya sebelum akan dilantik menjadi Sekretaris Mahkamah Agung adalah Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Pemimpin Umum BISKOM sekaligus Wakil Pemimpin Redaksi Info Breaking News dan Wakil Pemimpin Umum Jurnal123.com, Ir. Soegiharto Santoso bersama Sekretaris Mahkamah Agung DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. dan Mantan Sekretaris Mahkamah Agung Dr. H. M. Roem Nessa, SH., MH. (foto dokumentasi 15 Agustus 2018)

Pemimpin Umum BISKOM sekaligus Wakil Pemimpin Redaksi Info Breaking News dan Wakil Pemimpin Umum Jurnal123.com, Ir. Soegiharto Santoso atau yang akrab disapa Hoky mengucapkan selamat dan sukses kepada DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. yang hari ini dilantik sebagai Sekretaris MA.

“Saya mengenal DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. sejak beliau menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, kami sempat bersama-sama mengikuti pendidikan LEMHANNAS RI ditahun 2018, sehingga mengetahui bahwa beliau adalah sosok yang berkarakter ulet, tangguh, mandiri, disiplin, sanggup menghadapi tantangan, bertanggungjawab, berdedikasi tinggi dan mampu bekerjasama, serta tidak banyak bicara,” paparnya.

Hoky menambahkan pada tahun 2019, DR. H. Hasbi Hasan, SH., MH. berkesempatan menjadi ketua panitia untuk kegiatan seminar nasional dengan tema “Peran Undang-Undang Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman”, di Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran yang berlangsung sukses. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Pusat Penelitian Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Khusus Mahkamah Agung, dengan menghadirkan pembicara antara lain; Prof. Dr. Bagir Manan, SH., M.CL., Dr. Jaja Ahmad Jayus, SH., M.Hum., H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag., M.Si., dan Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo SH. (Vincent)

Artikel Terkait:

Ketua MA Hatta Ali Melantik Tiga Ketua Muda Pada Mahkamah Agung RI

Syarifuddin Dilantik Sebagai Ketua MA

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Peran UU Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman

Johanis Tanak Lulus Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V

MA Kabulkan Kasasi Syafruddin Arsyad Temenggung, Terdakwa Kasus BLBI.

Tolak PK Baiq Nuril, MA Tegaskan Tak Ada Maladministrasi

Peluncuran Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIPERMARI)

Hakim Kena OTT KPK di Balikpapan Diberhentikan Sementara Oleh MA.

Ketua MA Luncurkan SIPP Tingkat Banding Versi 3.2.0.

Semarak Acara MA di Labuan Bajo

MA Siap Hadapi Pemilu, Ketua Kamar TUN Berpesan Pejabat Wajib Laksanakan Perintah Hukum

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

HUT IKAHI Ke-66, Ketua MA Harap Hakim Pahami Ekonomi Digital

Perlunya Hakim Berperspektif Gender Untuk Wujudkan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak

Presiden Jokowi Apresiasi Reformasi di MA lewat aplikasi e-Court

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Lantik 29 Ketua Pengadilan Tingkat Banding

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Ketua MA Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Integritas Manajemen SDM berbasis Kompetensi