JAKARTA, BISKOM – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo secara resmi melantik dan memimpin serah terima jabatan perwira tinggi (Pati) Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Diantara yang dilantik adalah Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Kabareskrim Polri, jabatan yang ditinggalkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai menjadi dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri.

Upacara sertijab dimulai pukul 13.00 WIB. Tampak Kapolri Jenderal Listyo Sigit memimpin langsung upacara yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Kapolri memberi sejumlah arahan seperti proses hukum terhadap pelanggar UUD ITE. Ia meminta semua jajarannya mematuhi 2 surat telegram yang dikeluarkan.

“Tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana perkembangan dunia siber, UUD ITE menjadi perhatian publik. Saya harapkan betul-betul kita laksanakan selektif. Perlu adanya sosialisasi untuk anggota kita sehingga masyarakat tidak dibentur-benturkan karena statement kita di medsos belum seragam,” kata Sigit di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2).

Acara tersebut diikuti sejumlah perwira tinggi Polri seperi Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

Berikut daftar perwira tinggi Polri yang menjalani sertijab:

  1. Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto
  2. Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto
  3. Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza
  4. Kabaintelkam Polri Irjen Pol Paulus Waterpauw
  5. Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra
  6. Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana
  7. Kapolda Papua Brigjen Pol Mathius D. Fakhiri.
  8. Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugianto.

Pelantikan dan serah terima jabatan hari ini berdasarkan mutasi 25 perwira tinggi dalam jabatan baru yang di tetapkan Kapolri 18 Februari 2021 dan juga keputusan tersebut via surat telegram Kapolri Nomor T/318/KEP/2021 yang di tandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan juga oleh Kadivkum Polri.

Sementara itu usai dilantik sebagai Kabareskrim, Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan dirinya diminta oleh Kapolri

untuk mengawal program pemulihan ekonomi nasional dan mengawasi berbagai persoalan terkait sengketa mafia tanah.

“Beliau juga menekankan beberapa hal terkait dengan pengawalan ekonomi nasional, pengawalan masalah satgas pangan, mafia tanah, dan pengawasan terhadap subsidi pupuk yang begitu banyak tapi belum ada output sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden beberapa saat lalu,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Agus juga menyampaikan pihaknya akan menyelesaikan kasus-kasus yang menjadi sorotan seperti tewasnya 6 laskar FPI di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 50, Karawang, Jawa Barat.

“Mungkin rekan-rekan sudah menunggu tadi beliau sudah menekankan untuk segera dilakukan apa yang menjadi rekomendasi Komnas HAM untuk segera dilaksanakan atas peristiwa tewasnya 6 laskar FPI,” jelas dia.

Atas dasar itu, Agus juga memohon doa restu kepada masyarakat saat mengemban sebagai Kabareskrim.

“Mudah mudahan apa yang menjadi arahan Pak Kapolri saat pelantikan tadi merupakan arah yang diberikan kepada kami untuk pengemban fungsi penegakkan hukum bisa mewujudkan penegakkan hukum yang berkeadilan menuju Polri yang presisi, jadi saya mohon doa restu agar diberikan kekuatan untuk membantu bapak Kapolri.” tukas dia

Redaksi BISKOM mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja di lantik hari ini, semoga intansi Polri kedepanya semakin lebih baik lagi dan semoga amanah, selamat bertugas bravo Polri. (Barley)

loading...