MEDAN, DISPENAU, BISKOM – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat relokasi Pangkalan TNI AU (Lanud) Soewondo (SWO) di Desa Tandam, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Selasa (6/4/2021).

Kasau dalam kunjungan tersebut, dihadapan Bupati dan Forkompimda Kabupaten Deli Serdang menyampaikan, bahwa TNI AU akan mewujudkan pemindahan Lanud Soewondo ke lokasi yang baru.

“Setelah melalui banyak kajian, survei, dan pertimbangan, TNI AU merencanakan akan merelokasi Lanud Soewondo yang saat ini berada di pusat kota Medan ke Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang ini,” ujar Kasau.

Lebih lanjut Kasau menegaskan, TNI AU berencana akan membangun Lanud yang cukup besar di wilayah Hamparan Perak dengan konsep Smart Base, oleh karena itu saya atas nama Pimpinan TNI AU memohon dukungan dan bantuan kepada seluruh masyarakat Deli Serdang dan stake holder terkait untuk dapat diterima mendirikan Pangkalan disini.

“Dengan adanya pembangunan Pangkalan TNI AU disini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegas Kasau.

Senada dengan Kasau Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan menyampaikan, ucapan terima kasih atas dipilihnya Hamparan Perak menjadi tempat relokasi Pangkalan TNI AU Soewondo, selain dapat mengangkat nama baik Kabupaten Deli Serdang, keberadaan TNI AU juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Seusai meninjau lokasi melalui jalur darat Kasau beserta rombongan juga berkesempatan melihat langsung lokasi dari udara dengan menggunakan Helikopter Puma H-3211.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Kasau, Pangkoopsau I MarsdaTNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., Danpuspomau Marsma TNI R. Agung Handoko, para Kepala Dinas jajaran Mabesau, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Esron S.B. Sinaga, S.Sos., Danlanud SWO Kolonel Pnb JH. Ginting, dan para pejabat di jajaran Lanud SWO, Wing III Paskhas serta Kosekhanudnas III Medan. ( Barley)

loading...