Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha saat sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA 2021

Jakarta, BISKOM – Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) menggelar sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat TA 2021 secara daring pada Senin (17/05/2021). Acara ini diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang rencana pembentukan komponen cadangan matra darat pertahanan negara tahun 2021 sebagai bagian dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menyebut Indonesia telah ketinggalan jauh dengan negara lain terkait Komcad untuk memperkuat pertahanan negara. “Indonesia dengan jumlah penduduk 271 juta orang hanya memiliki 433.027 tentara aktif dan tidak memiliki tentara cadangan. Bandingkan dengan Singapura yang jumlah penduduk 5,6 juta tetapi memiliki 60.500 tentara aktif dan 312.500 tentara cadangan,” paparnya.

Untuk tahap awal, perekrutan komcad matra darat akan dilaksanakan di Rayon I (Pulau Jawa) dengan alokasi sebanyak 2.500 orang dan dilaksanakan di 4 Kodam yakni DKI Jakarta, Jabar, Jateng dan Jatim serta diperuntukkan bagi warga negara yang sudah bekerja.

Ketua Umum APINDO, Hariyadi Sukamdani mendukung penuh pembentukan komcad ini. Ia mengajak para pengusaha untuk mengikutsertakan karyawannya dalam program ini. “Program Komcad ini sangat penting untuk mengantisipasi ancaman terhadap negara terutama ancaman ideologi,” terang Hariyadi.

Pendaftaran secara online maupun fisik di Korem dimulai pada 17-31 Mei 2021. “Nantinya pendidikan (latsarmil) akan dimulai pada 21 Juni dan dilaksanakan selama 3 bulan,” ujar Dadang.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website komcad.kemhan.go.id atau BOT Pendaftaran Komcad 08990170845. (red)

loading...