Jakarta – Berdasarkan penelitian terbaru dari Aberdeen Group, Packeteer memperoleh peringkat pertama untuk solusi WAN Optimization dibandingkan dengan Citrix, F5, Juniper, dan Riverbed. Peringkat tersebut dalam hal peningkatan rata-rata untuk waktu respon, sehingga mengurangi keluhan dari pengguna dalam hal kinerja aplikasi. Penelitian yang berjudul “Comparing Five WAN Optimization Vendors; End-Users Get the Final Say,” menunjukkan bahwa pengguna Packeteer mengalami peningkatan kira-kira sebesar 800 persen dalam waktu respon aplikasi.Di lain pihak, pengguna Citrix, F5, Juniper, dan Riverbed mengalami peningkatan antara 196 persen dan 709 persen. Pada saat bersamaan perusahaan yang menggunakan solusi Packeteer mengalami penurunan 71 persen dari segi keluhan dari pengguna dalam optimalisasi kinerja aplikasi sedangkan perusahaan yang menggunakan solusi Citrix, F5, Juniper, dan Riverbed mendapatkan setengah dari nilai di atas yang bervariasi antara 18 persen hingga 39 persen.

“Penelitian Aberdeen membuktikan betapa pentingnya visibility dalam lalu lintas jaringan bagi pelanggan kami yang menginginkan untuk mempertahankan kondisi puncak dan kinerja layanan di seluruh perusahaan,” ujar Dave Cote, Presiden dan CEO Packeteer, pada keterangan tertulis yang diterima Biskom.

Dave Cote mengungkapkan ketika vendor WAN Optimization cenderung berfokus hanya untuk mempercepat ketersediaan aplikasi penting bagi bisnis, pelanggannya memperoleh manfaat dari peningkatan kinerja yang signifikan bagi semua aplikasi penting yang dibutuhkan bagi bisnis mereka. “Strategi total application visibility ini dan optimalisasi yang ada di Intelligence Service Assurance merupakan alasan mengapa Packeteer diberikan peringkat nomor satu dalam peningkatan kinerja aplikasi serta dalam pengurangan keluhan dari pengguna,” tambah Dave Cote.

Dengan metoda penelitian sampling di lebih dari 445 perusahaan di dunia, penelitian dari Aberdeen Group menyimpulkan bahwa:

  • 93 persen perusahaan mengindikasikan bahwa mereka membutuhkan visibility dan kontrol yang lebih terhadap kinerja jaringannya
  • Sebanyak 48 persen perusahaan-perusahaan terbaik lebih mementingkan perlengkapan untuk visibility jaringan dan kinerja aplikasi bagi jaringan kantor cabang mereka dibandingkan perlengkapan untuk bandwidth management atau application acceleration.

Penelitian tersebut juga mengindikasikan bahwa semua perusahaan yang telah disurvei yakin bahwa visibility sampai level aplikasi merupakan hal yang penting atau sangat penting. Namun, tanpa memperdulikan apakah solusi WAN Optimization yang mereka gunakan memberikan teknologi visibility, mengawasi atau mengontrol terhadap aplikasi dan lalu lintas jaringan. (Bambang)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.