Kemunculan notebook-notebook berukuran kecil membuat nama VIA kian melambung. Maklumlah, perusahaan ini tengah memproduksi prosesor yang bakal digunakan notebook-notebook berukuran kecil oleh Acer dan Dell. HP bahkan sudah menggunakannya terlebih dahulu pada Mini Note yang diluncurkan belum lama ini.

Kabarnya, Sony juga bakal menggunakan prosesor VIA pada notebook mininya yang dikeluarkan di kuartal ketiga tahun ini. Meski Sony belum menkonfirmasikan tentang notebook mininya, namun berita ini terus mencuat, akibat dari Quanta Computer dari Taiwan yang memamerkan prototipe laptop mini minggu lalu pada WiMax Expo. Selain diketahui bahwa prosesor yang dipakai merupakan VIA C7-M 1,6 GHz, tercatat Sony sebagai pemanufaktur.

Quanta dikenal sebagai produsen laptop yang memasok berbagai merek produk. Jika benar laptop tersebut diproduksi untuk Sony, ini berarti platform prosesor VIA di pasar laptop mini semakin besar saja.

Prototipe notebook yang dipamerkan Quanta dengan identitas Sony di dalamnya menggunakan hardisk 60 GB, memori 1 GB, dan WiMAX. Sistem operasi yang ditanamkan adalah Windows Vista Home Basic.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.