wayan-wicaksanaHari ini (31/1), Indonesia kembali memiliki Guru Besar bidang Teknologi Informasi (TI) dengan dikukuhkannya Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma Jakarta bidang Teknologi Informasi.

Saat pengukuhan, Prof. Dr. dr Haryoto Kusnaputranto, SKM, PH, Koordinator Kopertis Wilayah III dalam sambutannya mengatakan, “Jumlah keseluruhan Guru Besar di Indonesia sampai dengan Tahun 2008, hanya 3500 orang. Ini tentunya masih sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah dosen perguruan tinggi di Indonesia baik negeri ataupun swasta, sedangkan pemerintah sangat mengharapkan peningkatan jumlah Guru Besar di Indonesia. Dukungan yang diberikan pemerintah adalah dengan memberikan tunjangan penelitian kepada dosen-dosen S3. Diharapkan dengan tunjangan tersebut akan memacu para dosen untuk lebih bersemangat melakukan penelitian-penelitian.”

Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana dalam pidato pengukuhannya yang berjudul ‘Paradigma Web-Science Pada Ranah Hubungan Teknik dan Sosial’ mengatakan bahwa internet dengan teknologi webnya merupakan saran yang penting dan dimanfaatkan oleh berbagai disiplin ilmu dan berbagai lapisan masyarakat. Tantangan yang dihadapi tidak lagi pada sisi teknis, tapi juga merambah ke arah sosial seperti budaya, bahasa dan organisasi.

Suami dari Nyoman Christiany Yudha ini menjelaskan bahwa peningkatan kemampuan komputasi pada perangkat komputer serta  meningkatnya infrastruktur dan aplikasi berbasis internet telah mendorong terjadinya ledakan informasi. Pemahaman komputer bukan saja pada personal komputer ataupun notebook, tetapi perangkat mobile. Teknologi internet dan web telah memudahkan dalam melakukan penyimpanan dan pendistribusian data serta informasi. Ledakan informasi ini selain membawa nilai positif juga melahirkan permasalahan baru.

Dilahirkan di Surabaya 45 tahun yang lalu, I Wayan Simri Wicaksana menambahkan, “Dengan pertimbangan perkembangan web yang dapat membawa web ke sisi positif (peer to peer) ataupun ke arah negatif (phising). Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari web science. Dalam kehidupan keseharian, semakin banyak orang yang membaca berita mengandalkan web dibandingkan dengan media konvensional. Kegiatan transaksi ekonomi berbasis internet juga semakin meningkat, termasuk di dalamnya adalah phone banking. Yang menarik adalah sistem pada keamanan dan terorisme. Amerika yang sebelumnya dalam sistem ketahanan hanya memiliki tiga gatra, yaitu DME (Diplomatic, Military, Economy) sejak 20 tahun terakhir berubah menjadi empat gatra yakni DIME (Diplomatic, Information, Military, Economy). Secara sederhana web telah mendorong kolaborasi antara teknik dan sosial di area praktis dan juga mulai bergerak ke arah kajian sains.

Pada saat yang bersamaan dikukuhkan pula Prof. Dr. Syahbudin sebagai Guru Besar Tetap bidang Teknik Mesin. Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM menuturkan, “Saat ini Universitas Gunadarma telah memiliki delapan Guru Besar dari berbagai bidang disiplin ilmu dan berada pada urutan ke empat universitas terbaik berdasarkan peringkat yang dikeluarkan oleh webometrics.”

Hadir pula dalam pengukuhan Guru Besar tersebut, Ir. Soegiharto Santoso, Pimpinan Umum Majalah BISKOM.

7 COMMENTS

  1. pak Wayan, selamat pak! eh Prof Wayan, semoga ikut memajukan dunia TI, kalo menulis rajin2 dipublikasikan pak, biar jadi inspirasi dunia industri untuk menciptakan trend baru. I like your advice many years ago.

  2. Congratulation Prof.Wayan, smoga memajukan dunia IT indonesia.
    Terima kasih juga dah meluluskan ak. Bangga juga pernah di uji pa wayan.
    Go IT,,

  3. Selamat ya Prof..walaupun agak telat.hehe
    Terimakasih sudah banyak sekali membantu saya dalam penulisan skripsi..
    Semoga Prof semakin memajukan Gunadarma, sehingga bisa menjadi Universitas IT terbaik se Asia Tenggara..aminnn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.