gunadarmaPemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) saat ini makin meluas. Bukan saja digunakan oleh para ilmuwan ataupun perusahaan besar, TIK juga  sudah dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang pendidikan dan ekonomi.

Meski begitu, TIK, sebagaimana halnya artefak yang bersifat sosio-teknis, tidak bebas nilai dan tidak hanya memiliki manfaat tetapi juga memiliki resiko akan munculnya dampak negatif. Pemanfaatan TIK secara terencana dan baik akan memberikan manfaat sebesar-besarnya serta mengurangi dampak negatifnya.

Untuk memasyarakatkan pemanfaatan TIK secara luas sesuai  program pemerintah,  Universitas Gunadarma kembali menggelar kegiatan UG ICT Award.

UG ICT Award merupakan agenda tahunan Universitas Gunadarma yang tujuannya memberikan apresiasi kepada para penggiat dan pihak yang memanfaatkan dan menerapkan TIK di Indonesia. Khusus untuk UG ICT Award 2009, Universitas Gunadarma memberikan penghargaan untuk empat kategori, yaitu Website SLTA Terbaik, Usaha Kecil Terbaik Dalam Menerapkan TIK,  Website Pemda Terbaik dan Lomba Apresiasi Khusus untuk dosen serta mahasiswa Universitas Gunadarma.

Semangat pemanfaatan TIK juga digambarkan dalam UG ICT Award. Pada Maret 2009 lalu telah dimulai tahapan sosialisasi dengan diluncurkan situs UG ICT Award [htpp://www.gunadarma.ac.id/ictaward], yang telah mengundang antusias peserta.

Panitia UG ICT Award, Eri Prasetyo Wibowo mengatakan,  “Jumlah peserta terdaftar untuk tingkat SMA/SMK sederajat sekitar 151 website yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, usaha kecil menengah (UKM) sekitar 62 website, dan pemerintah daerah (pemda) berjumlah 150 website yang berhasil dijaring oleh tim UG-ICT award.”

Setelah melalui tahapan penilaian yang melibatkan para juri yang kompeten di bidangnya dan terdiri dari berbagai pihak, maka pengumuman pemenang akan dilakukan di Seminar dan Pameran Teknologi Informasi pada 24 Juli 2009 dalam rangkaian acara UG Fiesta yang berlangsung dari 21 – 24 Juli 2009 di Kampus Gunadarma, Depok.

Di samping pengumuman pemenang, pada rangkaian acara UG Fiesta ini juga diselenggarakan berbagai seminar, lokakarya, workshop dan pelatihan, Job Fair, serta Pameran Produksi TIK yang ditujukan juga bagi berbagai peminat terutamanya UKM, pembina website SMA/SMK, mahasiswa dosen dan khalayak umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.