1. Wayne Wu - Sheng Chung Lin - Andrew LY Hsia - YC TsaiHubungan dagang antara Indonesia dan Taiwan semakin kuat saja.  Berbagai produk asal Taiwan tumbuh dan berkembang dan diterima oleh pasar Indonesia.

Bahkan pada berbagai lini, produk Taiwan mengusai pasar Indonesia. Sebaliknya, bagi Indonesia, Taiwan merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke-10.

Untuk semakin mempererat hubungan dagang dan membuka peluang bisnis baru,  Taiwan mendatangkan 118 delegasi perusahaan Taiwan untuk berkunjung ke Indonesia.

“Taiwan telah menghabiskan dua dekade terakhir untuk membangun industri di Indonesia, termasuk di bidang teknologi.  Taiwan bangga telah turut berkontribusi untuk pertumbuhan industri lokal,”  ujar Wayne Wu, Deputy Chairman Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) di Jakarta, kemarin (27/11).

2. Elina Hui Ling Lee - Soegiharto Santoso - Wayne Wu - James KJ ChenBerdasarkan data dari market Intelegence and Consulting Institute (MIC) per November 2010, Taiwan menguasai 94,6 persen dari total PC notebook di dunia, memproduksi 71,8 persen LCD di pasaran dunia, menguasai 88,5 persen pasar netbook, serta 50,1 persen pasar kamera digital di dunia.

Wu menambahkan, produk-produk teknologi informasi (TI) Taiwan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle pengguna di Indonesia dihasilkan oleh 30 perusahaan negeri itu. Di antaranya adalah Acer, Asus, HTC, D-Link, MSI, Trendmicro, Transcend,  Zyxel,  BenQ dan Edimax.

Menurut data tersebut, nilai perdagangan Taiwan – Indonesia per Agustus 2011 mencapai US$ 8,3 miliar. Adapun ekspor Indonesia ke Taiwan mencapai US$ 5 miliar. Di Indonesia,  per maret 2011, Taiwan juga telah menanamkan investasi di bidang TI, otomotif dan tekstil sebesar Rp. 14 miliar.

Di bidang TI, TAITRA telah menggelar kampanye Taiwan Excellence yang diadakan untuk menunjukkan usaha berkesinambungan dari para produsen perangkat TI Taiwan dalam menyediakan produk teknologi terbaik bagi konsumen di Indonesia.

Program Taiwan Excellence yang dikembangkan TAITRA didukung oleh BISKOM selaku media partner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.