Sepertinya Indonesia akan kebanjiran investor asing di tahun ini dengan semakin stabilnya perekonomian dan besarnya pasar yang dapat digarap dari perusahaan asing.
Jika di tahun lalu semua sektor ekonomi mulai mengalami pertumbuhan, tahun 2012 ini pertumbuhan semakin menjanjikan. Bahkan bisa dibilang saat ini pertumbuhan Indonesia sebagai negara berkembang jauh melebihi negara-negara lainnya. Hal inilah yang menarik minat berbagai industri asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia, termasuk Cyberoam, perusahaan terkemuka di bidang keamanan yang berbasis identitas Unified Threat Management (UTM).
Penyedia layanan teknologi informasi (TI) yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini mulai masuk ke tanah air sejak tahun 2008 dengan menggandeng PT. Raditya Mulia Lestari (RML) sebagai distributor tunggal. Rangkaian produk Cyberoam meliputi Cyberoam Identity berbasis UTM, Cyberoam NetGenie, Cyberoam Central Console (CCC), Cyberoam iView dan Cyberoam Endpoint Data Protection.
Hadir untuk memenuhi kebutuhan industri akan solusi keamanan dengan rangkaian fitur yang lengkap, Cyberoam sejak masuk ke Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Karenanya berbagai promosi dan kegiatan terus dilakukan untuk memperkuat pemasaran di Indonesia, seperti yang dilakukannya belum lama ini dengan mengadakan pelatihan Cyberoam Certified Network & Security Professional (CCNSP) di Jakarta.
Untuk terus menjalin hubungan baik dengan mitra bisnisnya di Indonesia, pihak Cyberoam memberikan perhatian khusus dengan mengirimkan perwakilannya dari pusat untuk berkunjung dan menjalankan strategi-stragegi bisnis dengan partner yang ada di Indonesia. Seperti yang dilakukan Amar Mehta, Manager-Business Development, Asia Pacific, dalam kunjungannnya ke Indonesia April lalu.
“Pantauan kami selama ini, Indonesia merupakan negara yang berpotensi untuk pengembangkan bisnis kami. Karenanya tahun ini Cyberoam menginvestasikan dana yang cukup besar untuk pengembangan bisnis kami disini, seperti dalam hal channel development, new customer acquisition dan marketing,” ujar pria asal India ini.
Dengan pengalaman lebih dari 6 tahun di Cyberoam, pria yang mendapatkan gelar Master di Inggris ini menargetkan pertumbuhan sekitar 60% di Indonesia. “Dengan dukungan dari distributor dan mitra yang ada, diharapkannya apa yang menjadi keinginan Cyberoam bisa dicapai,” ungkap penggemar seni lukis dan Photoshop ini.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kunjungananya kali ini, berikut petikan wawancara BISKOM dengan Amar Mehta.
Dalam rangka apakah kunjungan bisnis Anda saat ini?
Biasanya saya datang berkunjungi ke beberapa negara tiga kali setiap tahun. Untuk di Indonesia saya kunjungi setiap triwulan atau setiap 2-3 bulan sekali untuk bertemu dengan partner kami di sini. Pada dasarnya bertemu dengan mereka untuk memahami bagaimana kondisi bisnis mereka dan permasalahan yang ada, sejauh mana solusi kami bisa mengidentifikasi berbagai masalah phising, dan untuk mengetahui customer feedback terhadap produk kami. Inilah alasannya saya datang untuk memberikan kepercayaan pada partner, bahwa kami akan selalu memberikan support terbaik.
Kami juga ingin mengetahui sejauhmana kebutuhan customer kami, karena kami percaya pasti kebutuhan akan meningkat, oleh karena itu kami membutuhkan feedback dari customer maupun mitra kami sehingga kami bisa men-create produk kami dengan fitur-fitur baru yang dibutuhkan.
Apakah ada rencana untuk membuka kantor di sini?
Ya, ini adalah rencana kedepan dari Cyberoam untuk membuka kantor disini. Tetapi bila bicara tentang kantor, tentunya tidak bisa dibangun bila tidak ada karyawannya, maka terlebih dahulu harus menyiapkan timnya, baik itu self team maupun tim teknikal di lapangan. Tapi saat ini yang dilakukan oleh R&D Resources adalah di setiap negara Asia Pasifik, seperti Malaysia, akan mengangkat seorang Country Manager. Selanjutnya di Indonesia, saya berharap tahun ini atau tahun depan sudah mempunyai seorang Country Manager sehingga kantor maupun infrastrukturnya sudah bisa dijalankan nantinya.
Apakah ada teknologi terbaru yang akan segera diluncurkan Cyberoam kedepannya?
Rencanannya kami akan segera meluncurkan fitur baru dari Cyberoam, diantaranya outbound spam protector dan web application firewall. Jadi ada dua fitur yang akan diluncurkan segera nantinya secara global. Outbound spam protector saat ini sangat dibutuhkan, karena dapat memindai trafik email saat keluar jaringan, mengidentifikasi pesan spam dan mengontrolnya. Bila tidak dilakukan proteksi dari sisi ini, bisa menjadikan work station seperti zombie yang menyedot bandwidth karena dapat mengirim jutaan spam email ke jaringan sehingga bandwidth terbuang percuma yang tentunya biaya yang dikeluarkan perusahaan jadi meningkat.
Belum lagi IP address perusahaan bisa di-blacklist oleh penerima jaringan karena banyaknya spam email terkirim. Bila IP diblokir, maka tidak bisa melakukan pengiriman email keluar dan bisa menghambat jalannya bisnis. Ini merupakan hal serius yang harus segera ditangani jangan sampai menghambat bisnis.
Sedangkan web application firewall merupakan teknologi terbaru dari Cyberoam yang melindungi web server dan aplikasi berbasis web yang biasanya sering menjadi target para hacker. Web application firewall diproyeksikan untuk dapat menutupi kelemahan dari network firewall dan IPS.
Selain itu untuk memberikan nilai tambah pada partner, kami juga berencana memberikan pengetahuan Cyberoam on-Cloud Management Sevices (CCMS) dimana nantinya partner kami tidak lagi berbicara tentang bagaimana menjual produk, tetapi juga menjual services.
Dari teknologi Cyberoam yang ada, apakah semuanya akan diperkenalkan ke Indonesia?
Tentu saja, kami memperkenalkan produk kami secara global. Tidak hanya ada di negara-negara tertentu saja pada suatu produk tertentu, tetapi semua sama saja apa yang diperkenalkan di Eropa atau Amerika akan sama dengan di negara lain, termasuk di Indonesia.
Berapakah pendapatan Cyberoam pada tahun lalu? Bagaimana target di tahun depan, khususnya di Indonesia ?
Dalam hal ini bukan wewenang saya untuk memberitahukan pendapatan Cyberoam karena ini adalah sesuatu yang konfidensial. Tetapi saya akan memberitahukan bahwa pertumbuhan Cyberoam keseluruhan di tahun lalu mencapai 44% secara global. Di tahun ini kami berharap bisa mencapai lebih dari 50% pertumbuhannya secara global.
Untuk di Indonesia kami yakin bisa lebih dari 50%, karena kami tahu Indonesia mempunyai pasar yang besar. Karenanya kami menginvestasikan dana yang cukup besar di Indonesia untuk mendapatkan hasil yang besar pula. Tanpa investasi maka tidak akan ada yang bisa kami hasilkan.
Apa strategi Cyberoam untuk menjadi nomor satu di pasar security Indonesia?
100% pada company channel, karena melalui mereka ini Cyberoam mempunyai jaringan untuk menjual produknya secara langsung dibandingkan distributor yang tidak banyak melakukan penjualan secara langsung.
Kami percaya dengan memiliki mitra yang baik tentunya akan memberikan hasil yang baik juga kepada Cyberoam. Bersama-sama dengan partner, kami tentunya bisa memberikan peningkatkan margin dan memberikan layanan yang baik pada customer sehingga Cyberoam bisa terus tumbuh.
Selain itu, kami juga mempunyai keunggulan technical support yang siap melayani selama 24 jam. Bila ada masalah di malam hari misalnya, teknisi kami selalu siap dihubungi melalui telpon maupun email untuk mendapatkan solusi penyelesaiannya.
Apa prestasi yang sudah dilakukan PT. Raditya Mulia Lestari (RML) di tahun 2011?
Kami percaya dan sangat senang memiliki RML sebagai satu-satunya distributor Cyberoam di sini yang bisa memperkenalkan keselurahan produk kami. Apapun bisnis yang datang kepada kami yang berasal dari Indonesia merupakan hasil dari RML. Berkat prestasi dan loyalitas yang ditunjukkan selama ini, perusahaan ini menjadi salah satu distributor terbaik yang dimiliki Cyberoam saat ini.
Mereka membantu kami mencari partner-partner baru disini, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan kota-kota lainnya untuk diberikan kesempatan untuk menjual produk kami. Kami sangat percaya kepada RML karena tahu bagaimana me-manage dan mengoperasikan perusahaannnya dengan baik. Memiliki tim teknikal yang handal dan bisa men-support partner mereka sepenuhnya.
Peluang bisnis apa yang bisa didapat dengan menjadi mitra Cyberoam?
Yang dilihat pertama oleh mitra kami adalah produknya terlebih dahulu, lalu margin tambahan apa yang bisa mereka dapat bila bergabung. Kami juga melakukan berbagai promosi yang ektraktif untuk mencari atau mengajak partner baru dengan meluncurkan layanan CCMS, dimana nantinya partner-partner kami bisa mengembangkan pasar yang lebih luas lagi untuk memasarkan produk kami. Kami juga melakukan roadshow secara kontinyu.
Kami juga melakukan berbagai kegiatan marketing yang berbeda, seperti mendadani mobil van partner kami dengan tulisan Cyberoam dan produknya. Nantinya biaya grafitinya akan ditanggung Cyberoam dan gratis perawatan setiap bulannya.
Kami akan membantu dan mendukung partner dengan berbagai program yang diinginkan dengan memfasilitasi mereka untuk semua kegiatan yang dapat memajukan bisnis mereka bersama Cyberoam.