Lomba cipta kreativitas dan inovasi teknologi dan informasi komputer terbesar yaitu Indonesia Information and Communication Technology Awards (INAICTA 2012) telah berakhir dan menghasilkan pemenang dari 17 kategori yang dilombakan.
Dari hampir 1.600 karya yang masuk dan hampir 1.000 karya yang dijurikan, didapatkan 136 nominator dan 58% adalah peserta yang berasal dari luar Jakarta.
“Penyebaran nominee terutama kategori pelajar lebih merata di luar Jakarta dan adanya peningkatan kualitas, menunjukkan INAICTA sudah semakin dikenal luas di seluruh penjuru Tanah Air dan menjadi ajang lomba yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya,” kata A. Haryawirasma, Ketua Tim Pelaksana INAICTA 2012.
Para juara INAICTA ini nantinya akan dipilih lagi oleh team untuk dibawa ke tingkat Internasional, di antaranya Asia Pacific ICT Award (APICTA).
Haryamirasma juga mengatakan, ”Setelah acara ini kami juga akan melakukan program atau acara Digitalpreneurship Program, dimana kreator atau investor akan dipertemukan dengan para pelaku usaha atau bisnis di Industrinya, agar hasil karya terbaik anak-anak bangsa ini dapat terus berkembang dan terserap oleh industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kami berharap Industri ini terus bergerak maju dan menjadi andalan Indonesia di masa mendatang dan mendukung target pemerintah mejadi salah satu pemain utama di industri TIK di tahun 2045 nanti.”
Saat puncak acara, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menyatakan, acara tahunan INAICTA yang diselenggarakan sejak 2007 turut membangun ekosistem TIK Indonesia. Pada tahun lalu, volume bisnis industri TIK di Indonesia bisa mencapai Rp 400 triliun. Dengan kondisi bisnis TIK yang terus meningkat, Tifatul optimis visi Indonesia Digital 2018 bisa tercapai.
Berikut nama-nama juara INAICTA 2012:
1. Student – Elementary School
Judul karya : ANGKANA (Mengenal Angka)
Organisasi : SD
Instansi : SKACI (Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia)
Nama : Jovidia Laviosa
2. Student – Middle School
Judul karya : SecureX
Organisasi : SMP
Instansi : SecureX Team
Nama : Arrival Dwi Sentosa dan Dean Rikrik Ichsan Hakiki
3. Student – High School
Judul karya : Nalar
Organisasi : SMA/SMK
Instansi : SMP/SMA IPH Surabaya (Intan Permata Hati)
Nama : Darren Limantara, Yeremia Evian Hartono, Natasya Naharto dan Yosefina Angelita Wijaya
4. Student – Tertiary Education – Creative on New Media
Judul karya : eMart Indonesia
Organisasi : Perguruan Tinggi
Instansi : Universitas Gadjah Mada
Nama : Trias Nur Rahman, Ema Fitriana dan Nurvirta Monarizqa
5. Student – Tertiary Education – Application
Judul karya : LexiPal – Aplikasi Terapi Dyslexia Berbasis Kinect
Organisasi : Perguruan Tinggi
Instansi : Universitas Gadjah Mada
Nama : M. Risqi Utama Saputra, Vremita Desectia Amretasari & Vina Sectiana Amretadewi
6. Start-up Company
Judul karya : DapurMasak.com
Organisasi : Perusahaan Swasta
Instansi : PT Selaras Digital Sempurna
Nama : Didik Wicaksono, Soegianto Widjaja, Soetrisno Misawa,
Jacky Soedarsono Lokan & Hadiyanto
7. Research & Development
Judul karya : VEDA – SmartHome & Energy Monitoring
Organisasi : Pendidikan Tinggi
Instansi : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Nama : Budiarto, Peradnya Dinata, Husein Muhammad Mufti & Renjaya Raga Zenta
8. e-Learning
Judul karya : I-U : Integrated University
Organisasi : Perusahaan Swasta
Instansi : SatuAtap Corp
Nama : Jaeni, Donni Prabowo & Afif Bimantara
9. e-Inclusion
Judul karya : Aksara
Organisasi : Pendidikan Tinggi
Instansi : dreamBender/kelompok
Nama : Rizky Ario Nugroho, M. Endri Irfanie, Dwi Cahyo Nugroho, Asendia Mayco, Ahmad Agung Ahkam & Arnanto Akbar
10. e-Government Application
Judul karya : WEBGIS KEMENTERIAN KEHUTANAN
Organisasi : Lembaga Pemerintah
Instansi : Ditjen Planologi Kehutanan-KEMENHUT
Nama : Ruandha Agung Sugardiman, Nurhayati, FX. Herwirawan, Judin Purwanto & Ipan Rangga Utama
11. e-Business and Industrial Application, SME-Level
Judul karya : PPOB Nusantara (Biggest Online Payment Gateway in Indonesia with B2B concept)
Organisasi : Perusahaan Swasta
Instansi : ppob nusantara
Nama : Yoyon Syafei, Handi Artiawan & vita subiyakti,
12. e-Business and Industrial Application, Enterprise-Level
Judul karya : DALA-Oil & Gas Enterprise Series
Organisasi : Perusahaan Swasta
Instansi : Intelligent Technology Initiatives
Nama : Mardhani Riasetiawan,
13. Digital Entertainmet – Animation
Judul karya : BATTLE OF SURABAYA (movie trailer)
Organisasi : Perusahaan Swasta
Instansi : msv pictures
Nama : Aryanto Yuniawan, Adi Djayusman, Dida Karisma, Budi Setiawan, Endry Setiawan & Novia Dwi Utami
14. Digital Entertainment – Games
Judul karya : Faunia Rancher
Organisasi : Pendidikan Non-Formal
Instansi : Art On Code
Nama : Ronald Widjaja, Erick Theodorus, Burhan Dewantara, Robert Tan, Robin Tjungestu & Felix Jingga
15. Creative & Innovative New Media
Judul karya : Digital Interactive Angklung
Organisasi : Pendidikan Tinggi
Instansi : Teknik Fisika ITB
Nama : Alvin Nurhadi Wijaya, Ari Angga Rochim, Eko Mursito Budi, Krisna Diastama & Asep Suhada
16. Applicative Robot – Tertiary Education Student and Public
Judul karya : Robot Penembak Otomatis
Organisasi : Perguruan Tinggi
Instansi : Divisi Robotika Unikom
Nama : Muhammad Yazid Al Qahar
17. Applicative Robot – Elementary to High School Student
Judul karya : cleaner Wall climbing Robot
Organisasi : SMA/SMK
Instansi : Sman 2 Depok
Nama : Jeziel Alvin Djafar, Muhammad Hafizh & Muhammad Aslam Pangestu Idham.