Karyawan yang ceroboh bisa membahayakan keamanan data rahasia perusahaan. Karenanya, perusahaan perlu mencari cara untuk melindungi informasi rahasia.

 LEBIH dari setengah responden survei Worldwide Security Products yang dilakukan oleh badan riset IDC terhadap berbagai perusahaan besar dunia pada Februari 2013. Perusahaan yang disurvei melihat hal ini sebagai prioritas 2013 dan ingin mengembangkan dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan demi memastikan perilaku yang bertanggung jawab terkait informasi rahasia.

“Sangatlah penting bagi karyawan, apapun jabatan mereka di perusahaan, untuk memahami bahwa tindakan mereka yang keliru, baik disengaja maupun tidak, bisa sangat mempengaruhi perusahaan,” ujar Kevin Bailey, Research Director, EMEA Software Security Products and Services Policies, IDC. “Perusahaan perlu kebijakan-kebijakan yang mengontrol akses, pergerakan, dan komunikasi data secara aman dan sadar.”

Secara garis besar, memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keamanan informasi rahasia perusahaan adalah tugas departemen legal dan layanan keamanan yang secara bersama-sama mengembangkan, mengimplementasikan, dan memonitor kepatuhan terhadap kebijakan tersebut. Namun, meskipun perusahaan sudah membuat kebijakan keamanan yang tepat, selalu ada risiko kehilangan data penting karena kesalahan manusia, baik karena kecerobohan maupun karena kurangnya kesadaran mereka. Secara tidak langsung hal ini didukung oleh data lain dalam survei yang sama: selain menyadari kebutuhan akan kebijakan keamanan informasi, sekitar 36% perusahaan menyatakan kekhawatiran mendalam terkait meningkatnya jumlah klien mobile dan layanan yang sulit terkontrol seperti smartphone, tablet, dan notebook. Sekitar 41% perusahaan yang disurvei mengakui pentingnya mencegah kebocoran data rahasia.

Meskipun pasar tidak akan pernah kekurangan solusi yang memiliki teknologi khusus untuk melindungi informasi rahasia, platform Kaspersky Endpoint Security for Business yang sangat kuat, yang mengelola perlindungan terkoordinasi infrastruktur korporat terhadap malware, menjamin keamanan maksimal bagi informasi sensitif dan efektif mencegah kebocoran data.

Rahasia Tetap Aman

Kebijakan perusahaan untuk melindungi data sensitif seringkali bocor saat karyawan menggunakan perangkat bergerak milik sendiri ketika bekerja. Perangkat bergerak sering menjadi kendaraan untuk membocorkan informasi rahasia perusahaan. Perangkat bergerak juga berpotensi membawa software berbahaya, dan ketika perangkat tersebut memasuki jaringan perusahaan, hasilnya adalah kebocoran data atau bahkan lebih parah lagi.

Kaspersky Endpoint Security for Business mengintegrasikan beberapa teknologi canggih demi melindungi data perusahaan. Pertama, solusi ini menawarkan dua tingkat pengenkripsian file yaitu, File/Folder Level Encryption and Full Disk Encryption. Menggunakan konsol manajemen Kaspersky Security Center, admin jaringan bisa membuat pengaturan umum untuk mengenkripsi file/folder dan drive tertentu berdasarkan standar industri, sehingga data tidak bisa dibaca di luar infrastruktur IT perusahaan. Informasi rahasia yang bocor, baik karena sengaja dibocorkan oleh orang dalam atau secara tidak sengaja, tidak akan bisa dibuka apalagi dibaca.

Perangkat bergerak yang dimiliki karyawan bisa menularkan malware ke jaringan perusahaan, yang akhirnya memungkinkan penjahat cyber mendapatkan akses dari jarak jauh dan mencuri data rahasia. Serangkaian tools Kaspersky Lab secara signifikan mengurangi risiko masuknya malware ke jaringan perusahaan. Tools ini antara lain teknologi seperti Automatic Exploit Prevention, Anti-rootkit dan Dynamic Whitelisting, yang bisa menghadapi ancaman secara efektif, bahkan ancaman yang belum diketahui jenisnya.

Kehilangan Smartphone Bukan Berarti Kehilangan Data

Meningkatnya tren penggunaan perangkat mobile pribadi untuk bekerja sebenarnya bertentangan dengan prinsip menjaga keamanan data penting. Perangkat mobile rentan terinfeksi spyware dan setiap tahun tercatat lusinan kasus dimana data rahasia bocor karena smartphone atau tablet yang penuh dengan rahasia perusahaan hilang atau dicuri. Menghadapi hal ini Kaspersky memperkenalkan Kaspersky Security for Mobile.

Ditawarkan sebagai produk khusus mandiri atau sebagai komponen Kaspersky Endpoint Security for Business, Kaspersky Security for Mobile memiliki daftar panjang berbagai fitur yang memungkinkan integrasi yang cepat, mudah, dan aman antara perangkat bergerak milik karyawan dengan infrastruktur perusahaan. Secara khusus, solusi ini menawarkan kemampuan mengenkripsi data sensitif dan kemampuan memindahkan data dari jarak jauh, meskipun smartphone yang hilang atau dicuri digunakan dengan SIM card baru.

Tidak peduli seberapapun ketatnya kebijakan perusahaan terkait keamanan data sensitif, selalu saja ada kemungkinan bahwa data sensitif akan bocor karena tindakan karyawan. Kaspersky Endpoint Security for Business memiliki teknologi untuk menetralisir atau meminimkan dampak negatif dari kebocoran data sensitif. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.