DI PERHELATAN akbar Computex 2013 di Taiwan beberapa waktu lalu, Sony kedapatan tengah  memperkenalkan produk andalan teranyarnya,  VAIO Pro 11 dan VAIO Pro 13. Keduanya adalah ultrabook terbaru yang hadir untuk menggantikan ultrabook Sony VAIO Z-Series.

Dengan desain bodi yang amat tipis, bobot kedua ultrabook terbaru Sony ini cukup menakjubkan. Bobot Sony VAIO Pro 11 hanya sekitar 0.87 kg dan Sony VAIO Pro 13 hanya sekitar 1.06 kg. Sony juga mengklaim kedua ultrabook ini merupakan ultrabook layar sentuh pertama yang paling ringan di dunia.

Sebagai pengganti Sony VAIO Z-Series,  ada beberapa kemiripan Z-Series pada Sony VAIO Pro 11 dan VAIO Pro 13 . Keduanya didesain berupa cangkang yang terbuat dari paduan serat karbon dan alumunium. Layarnya telah menggunakan layar sentuh IPS Full HD yang sudah mengusung teknologi Sony Triluminos Color. Teknologi tampilan ini biasanya ditemukan di TV Sony Bravia kelas atas untuk menampilkan gambar dengan warna yang alami.

Kemampuan keduanya tidak perlu diragukan.  Sony VAIO Pro 11 ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 dan Sony VAIO Pro 13 hadir dalam pilihan prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7. Besaran RAM DDR3 yang dimiliki keduanya sebesar 4Gb. Untuk kinerja grafis, keduanya menggunakan chip grafis baru Intel HD Graphics 4400. Hadir juga fitur ClearAudio+ mode yang berguna untuk mendongkrak performa suaranya.

Sony VAIO Pro 11 menggunakan media penyimpanan bermodel SSD dengan kapasitas 128Gb. sedangkan VAIO Pro 13 menggunakan SSD tipe PCIe yang diklaim lebih cepat dibandingkan SSD biasa. Pilihan kapasitas SSD untuk VAIO Pro 13 cukup besar, mencapai 512Gb. Untuk konektivitas, keduanya hadir dengan dukungan koneksi WiFi, Bluetooth, NFC, HDMI, 2 port USB 3.0 dan slot pembaca kartu memori.

Sony VAIO Pro 11 dan VAIO Pro 13 akan tersedia dengan kisaran harga mulai dari US$1149.99 untuk Sony VAIO Pro 11 dan US$1249.99 untuk Sony VAIO Pro 13. •

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.