SEJAK Onno Center diresmikan tepat sebulan lalu, telah banyak kegiatan yang digelar yayasan pendidikan ini dalam upaya mencerdaskan bangsa yang berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hari ini (29/9), Pakar Internet Onno W Purbo, Pendiri Onno Center memberikan pelatihan atau seminar gratis secara online: “Cara Membuat Operating System Android Sendiri”.

 

Bertempat di Gedung IDC 3D, Jakarta, selain bisa disaksikan secara langsung, para peserta seminar juga bisa mengikuti secara online, dengan cara joint ke Cyberlearning Webinar di situs www.cyberlearning.web.id.

 

Menurut salah satu Pengurus Onno Center sekaligus Pendiri Cyberpreneur Indonesia, Dedi Yudiant, kegiatan ini sekaligus menjadi ajang uji coba kemampuan program Blusukan Online Cyberlearning yang dikembangkan Onno Center bersama Cyberpreneur Indonesia.

 

Program Blusukan Online versi Onno Center memungkinkan lebih dari 500 peserta ikut terlibat dalam seminar online. ‘Namun hari ini, baru 157 peserta yang melakukan login dan berinteraksi langsung secara online dengan Onno selaku pengajar,” ujar Dedi.

 

03. ONNO Center di IDCBlusukan Online ini, papar Dedi, mengkombinasikan tiga setingan, yaitu live streaming, webinar interaktif dan video streaming. Dengan tiga macam setting, masyarakat yang terkendala bandwidth rendah tetap bisa mendapatkan ilmu yang diberikan melalui download ataupun streaming di Youtube nantinya.

 

“Sebenarnya banyak di daerah yang ingin ikut berpatisispasi dalam Cyberlearning ini. Namun seperti diketahui, bandwidth internet di daerah masih rendah yaitu hanya sekitar 512 kbps, sedangkan untuk interaktif streaming ini dibutuhkan minimal 1 Mbps. Hal inilah yang tengah diperjuangkan Onno Center, yaitu menghadirkan internet yang baik dan murah di seluruh wilayah nusantara,” jelas Dedi.

 

Sedangkan dalam seminarnya kali ini, Onno memaparkan cara mengcompile operating system (OS) Android menggunakan CyanogenMod. “Sebenarnya banyak cara untuk membuat source Android yang terbuka, tapi kali ini saya akan melalui CyanogenMod yang tidak jauh berbeda dengan Android Open Source Project (AOSP) yang banyak digunakan smartphone di pasaran,” terang Onno.

 

Dalam pelatihan ini, diberikan pemahaman bagaimana mendownload OS Android, compile kernel Android, rooting, developing hingga instalasi OS tersebut ke perangkat smartphone.

 

Bagi Anda yang tidak berkesempatan mengikuti seminar ini, materi untuk membuat OS Android bisa diperoleh di situs CyberLearning.web.id/moodle. Disini berbagai teknik dijabarkan secara terbuka dan gratis.

 

Sementara Soegiharto Santoso alias Hoky selaku Pemred Majalah dan Media Online BISKOM serta selaku salah satu pendiri Yayasan Onno Center International, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan program Blusukan Online Cyberlearning yang dikembangkan Onno Center bersama Cyberpreneur Indonesia ini, sebab hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Yayasan Onno Center International yang fokus pada memberdayakan dunia pendidikan dan memungkinkan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas di bidang TIK, Mendorong akses yang setara terhadap informasi dan pengetahuan berbasis TIK, Memberdayakan masyarakat untuk mandiri dan menjalankan usaha kecil dan menengah, Meningkatkan pertumbuhan produk lokal dan penerapan TIK lokal.

 

“Semua hal tersebut akan tercapai bila kita bisa berkolaboarsi dan bersinergi dengan seluruh pihak dengan konsep pentahelix atau multipihak dimana unsur pemerintah, akademisi, badan usaha atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu.” Tutur Hoky.•

 

Artikel Terkait:

Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online

Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online

Onno W. Purbo: Blusukan Online, Blusukan Tanpa Becek-becekan

Blusukan Online Era Society 5.0 Sudah Digunakan Onno Sejak 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.