SONY DSCASOSIASI Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Kota Depok secara resmi menggelar Depok IT Expo di Depok Town Square. Pameran yang memamerkan beragam produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini berlangsung mulai 28 Mei – 7 Juni 2015 dengan menghadirkan beberapa brand terkenal seperti Acer, Asus, Axioo, Dell, Epson, HP, Lenovo, Logitech, Oppo, Pixcom, Prolink, Samsung, Sandisk, Vivo, WKK dan lain-lain.

Pameran yang digelar kali ini, menurut Sekjen DPP Apkomindo, Muzakkir, merupakan rangkaian kegiatan yang dibuat secara serial ke sejumlah kota-kota besar di Indonesia. “Bila sebelumnya Bogor, kini giliran kota Depok yang memperkenalkan produk-produk TIK terkini yang  dapat membantu kehidupan digital masyarakat Depok dan sekitarnya,” ujar Muzakkir di Depok (29/5).

Muzakkir pun menyampaikan, Depok IT Expo ini berbeda dengan pameran-pameran komputer lainnya karena pameran ini memberikan harga yang jauh lebih murah dibanding harga di toko komputer pada umumnya. Hal ini karena semua barang disokong langsung dari vendor yang merupakan anggota Apkomindo.

Selaku Ketua DPD Apkomindo Depok, I Made Robet Arsana menargetkan, pameran ini tidak hanya menyasar pada penjualan tetapi lebih untuk memberikan pencerahan dan mendukung kota Depok menjadi kota Cyber City. Oleh sebab itu dirinya mengajak principal, distributor, dan tenant untuk saling mendukung agar tercapainya niatan tersebut.

“Melalui pameran ini, masyarakat diharapkan semakin melek internet dengan penggunaan yang meluas pada berbagai bidang,” imbuh Made.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Apkomindo, Soegiharto Santoso mengatakan, Apkomindo telah 24 tahun lebih terjun di dunia TIK yang kepengurusannya telah tersebar secara nasional di 22 DPD dan memiliki anggota yang bervariasi mulai dari pedagang eceran hingga pengusaha besar, termasuk para vendor. Dengan pengalaman ini, Apkomindo telah menjadi wadah dan menjembati berbagai pihak untuk bekerjasama, baik dengan vendor, pemerintah maupun perguruan tinggi untuk memajukan dunia TIK dalam negeri.

3. Soegiharto Santoso - Hoky

“Menjadikan Depok sebagai Kota Cyber tentunya akan meningkatkan pemanfaatan produk TIK di kota tersebut. DPD Apkomindo Depok dengan kedekatan vendor bisa berperan menyediakan atau memfasilitasi berbagai produk yang dibutuhkan tersebut. Dengan demikian tentunya DPD Apkomindo Depok dapat memajukan daerahnya untuk pemanfaatan TIK, baik dari sisi hardware maupun software,” papar Soegiharto.

Sedangkan Ketua Panitia Depok IT Expo 2015, Sukadi menyebutkan, perhelatan tahunan kali ini tampak lebih padat dari sisi peserta pameran. “Pesertanya makin ramai karena teman-teman pengusaha TIK optismis bahwa penjualan makin baik dengan pameran ini meskipun perekonomian sedang lesu,” kata Sukadi.

Dirinya pun menyampaikan, Depok IT Expo 2015 bukan sekadar mengukur keberhasilan lewat transaksi yang terjadi selama pameran. Lebih jauh, membuka mata warga Depok bahwa untuk mencari kebutuhan teknologi informasi, mereka tidak perlu membelinya hingga ke Jakarta. Karena di Depok sendiri sudah banyak toko yang menjual kebutuhan produk-produk TIK dengan harga lebih kompetitif. Namun sambutnya, kalau mau harga lebih spektakuler dan diskon luar biasa, tentunya Depok IT Expo 2015 tempatnya.

Turut mendukung kemajuan TIK di kota Depok, pagelaran yang bertujuan untuk memajukan TIK secara lokal maupun secara nasional, juga dihadiri Wing Iskandar selaku Ketua Kadin Depok dan Anton Cahyo Raharjo selaku Komite Tetap Indag KUKM KADIN Depok, serta Herry R. Gumelar selaku Kabid Informasi Publik Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Depok.

SONY DSC

Menyambut baik Depok IT Expo ini, Wing Iskandar mengharapkan para pengusaha yang tergabung di Apkomindo bisa turut menaikkan perekonomian daerah dan melalui pameran ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai gadget electronic.

Hal senada juga disampaikan Herry R. Gumelar, yang mengharapkan melalui pameran ini juga dapat mendorong terwujudnya Depok Cyber City. “Melalui pemanfaatan TIK yang tepat di masyarakat  tentunya dapat meningkatkan kualitas kehidupan warga kota Depok. Oleh sebab itu kami selalu mendukung berbagai kegiatan yang mendorong kemajuan kota Depok melalui TIK,” papar Herry.

Sementara itu Sutikno Pariyoto selaku Direktur Mall Depok Town Square menyampaikan bahwa pihak pengelola sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Apkomindo karena kegiatan tersebut sangat positif baik dari sisi bisnis maupun dari sisi pendidikan TIK, sehingga kedepan akan terus menjalin kerjasama yang lebih baik dan lebih intensif untuk kebaikan banyak pihak.

Pagelaran yang berlangsung hampir dua pekan ini ditargetkan pihak penyelenggara dapat menarik 150 ribu pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp.10 miliar. Selain pameran, digelar juga acara lain di antaranya Debat IT, presentasi dengan multimedia, serta foto berbasis Android. Lomba tersebut khusus diikuti oleh pelajar tingkat SMA, SMK, dan sederajat.

Di kesempatan ini, Apkomindo juga turut mengadakan Gelar Bakat se-Kota Depok yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, dari anak-anak hingga orang tua. ANDRI

Arikel Terkait:
Jadi Icon Smart City, Bogor Gelar Pameran NIX 2015

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.