Screenshot Pandang Istana (Sumber: detik.com)

Jakarta, BISKOM – Pandemi covid-19 telah mengubah berbagai kebiasaan dan rutinitas, tak terkecuali upacara HUT Kemerdekaan RI yang akan dilangsungkan 17 Agustus 2020 mendatang. Untuk pertama kalinya, perayaan Hari Kemerdekaan akan dilakukan secara virtual. 

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, resmi meluncurkan situs “Pandang Istana” secara virtual, Senin (10/8/2020). Pandang Istana merupakan situs resmi pemerintah yang digunakan sebagai kanal pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI). “Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini bapak/ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual,” ujar Heru.

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut, dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kunjungi website Pandang Istana yang beralamat di https://pandangistana.setneg.go.id
  • Isi formulir yang disediakan untuk verifikasi data
  • Jika berhasil, pendaftar akan mendapatkan pesan lanjutan melalui WhatsApp dan email
  • Email atau pesan WhatsApp ini berisi tautan video conference untuk mengikuti upacara 17 Agustus di Istana Negara dan sejumlah ketentuan dan aturan yang harus diikuti.

Sekretariat Presiden hanya membatasi sebanyak 17.845 undangan upacara virtual untuk masyarakat. Meski demikian, belum ada informasi apakah kuota tersebut sudah terpenuhi atau belum. Sebab, pendaftaran sudah dibuka sejak Senin (10/8/2020) kemarin tepat pada pukul 17:08:45. Namun, bagi yang tidak bisa mendaftar, prosesi upacara HUT ke -75 RI biasanya bisa disaksikan melalui live streaming di kanal Youtube Sekretariat Negara. (red)

loading...